×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

0

Wow

Jangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Dari limbah jadi makanan enak bergizi tinggi

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Uli Wahyuliana

10 / 02 / 2018 22:03

Pisang menjadi tanaman yang mudah dijumpai di Indonesia. Penanamannya yang cepat membuat pisang bisa tumbuh dengan mudah. Tak heran jika banyak makanan yang berbahan pisang pun kerap dijumpai. Dari pisang goreng hingga brownies pisang. Salah satu daerah yang terkenal akan olahan pisangnya adalah Makassar. Banyak kuliner khas kota daeng yang menggunakan bahan pisang, misalnya pisang ijo dan barongko.

Saat mengolah pisang jadi makanan tentu pisang dikupas terlebih dahulu. Isi pisang yang dimanfaatkan biasanya menyisakan kulit yang berakhir jadi sampah. Kita pun kerapkali membuang kulit pisang begitu saja ke tong sampah. Sayangnya masih banyak yang belum tahu, jika kulit pisang ternyata masih bisa diolah jadi makanan dan bergizi tinggi.

Apa saja jenis makanan yang bisa dibuat dari kulit pisang?

1. Keripik Kulit PisangJangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Di daerah Lumajang, sejumlah masyarakat memanfaatkan kulit pisang untuk diolah jadi keripik renyah dan enak. Cara pembuatannya pun ternyata cukup mudah. Kulit pisang yang sudah dipotong direndam dalam air kapur sirih selama 30 menit kemudian ditambahkan garam. Kulit pisang selanjutnya direndam air gula, kemudian dijemur. Jika sudah kering, kulit pisang dicelupkan dalam adonan tepung lalu digoreng.

Loading...

2. SelaiJangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Mengolah kulit pisang jadi selai lebih mudah lagi, cukup haluskan kulit pisang yang sudah masak. Tambahkan gula dan perasa lainnya kemudian masak dalam wajan hingga kental.

3. Es KrimJangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Cukup campurkan kulit pisang yang sudah dihaluskan dengan susu, coklat, dan tepung es krim. Simpan dalam wadah kemudian masukkan ke lemari pendingin. Es krim dari kulit pisang ini pertama kali dibuat oleh mahasiswa Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2012.

4. NuggetJangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Kulit pisang yang sudah masak cukup dihaluskan dan dicampur bumbu lain serta bahan tambahan seperti ikan atau daging ayam cincang.

5. PudingJangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Kulit pisang yang bisa diolah jadi puding adalah kulit pisang yang sudah masak yang teksturnya lembek.

6. DonatJangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Adonan kulit pisang mengkal yang sudah dihaluskan dicampur dengan tepung dan gula.

Tak cuma enak, tapi juga memiliki banyak manfaat. Kulit pisang yang sudah matang bisa digunakan memutihkan gigi. Caranya, cukup menggosok kulit pisang pada gigi. Kulit pisang juga mengobati bekas luka dan gigitan nyamuk. Rutin mengkonsumsi kulit pisang ternyata bisa mencegah sakit kepala, mengobati penyakit psoriasis, dan kutil.

Wah, ternyata banyak sekali manfaat dan makanan yang bisa diolah kembali dari kulit pisang. Mulai sekarang jangan lagi membuang kulit pisang. Sebaiknya langsung dieksekusi lagi jadi cemilan enak.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    80%

  • Sedih

    20%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red