Pisang menjadi tanaman yang mudah dijumpai di Indonesia. Penanamannya yang cepat membuat pisang bisa tumbuh dengan mudah. Tak heran jika banyak makanan yang berbahan pisang pun kerap dijumpai. Dari pisang goreng hingga brownies pisang. Salah satu daerah yang terkenal akan olahan pisangnya adalah Makassar. Banyak kuliner khas kota daeng yang menggunakan bahan pisang, misalnya pisang ijo dan barongko.

Saat mengolah pisang jadi makanan tentu pisang dikupas terlebih dahulu. Isi pisang yang dimanfaatkan biasanya menyisakan kulit yang berakhir jadi sampah. Kita pun kerapkali membuang kulit pisang begitu saja ke tong sampah. Sayangnya masih banyak yang belum tahu, jika kulit pisang ternyata masih bisa diolah jadi makanan dan bergizi tinggi.

Apa saja jenis makanan yang bisa dibuat dari kulit pisang?

1. Keripik Kulit Pisang Jangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Di daerah Lumajang, sejumlah masyarakat memanfaatkan kulit pisang untuk diolah jadi keripik renyah dan enak. Cara pembuatannya pun ternyata cukup mudah. Kulit pisang yang sudah dipotong direndam dalam air kapur sirih selama 30 menit kemudian ditambahkan garam. Kulit pisang selanjutnya direndam air gula, kemudian dijemur. Jika sudah kering, kulit pisang dicelupkan dalam adonan tepung lalu digoreng.

2. Selai Jangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Mengolah kulit pisang jadi selai lebih mudah lagi, cukup haluskan kulit pisang yang sudah masak. Tambahkan gula dan perasa lainnya kemudian masak dalam wajan hingga kental.

3. Es Krim Jangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Cukup campurkan kulit pisang yang sudah dihaluskan dengan susu, coklat, dan tepung es krim. Simpan dalam wadah kemudian masukkan ke lemari pendingin. Es krim dari kulit pisang ini pertama kali dibuat oleh mahasiswa Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2012.

4. Nugget Jangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Kulit pisang yang sudah masak cukup dihaluskan dan dicampur bumbu lain serta bahan tambahan seperti ikan atau daging ayam cincang.

5. Puding Jangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Kulit pisang yang bisa diolah jadi puding adalah kulit pisang yang sudah masak yang teksturnya lembek.

6. Donat Jangan dibuang, ini 6 camilan yang bisa kamu buat dari kulit pisang

Adonan kulit pisang mengkal yang sudah dihaluskan dicampur dengan tepung dan gula.

Tak cuma enak, tapi juga memiliki banyak manfaat. Kulit pisang yang sudah matang bisa digunakan memutihkan gigi. Caranya, cukup menggosok kulit pisang pada gigi. Kulit pisang juga mengobati bekas luka dan gigitan nyamuk. Rutin mengkonsumsi kulit pisang ternyata bisa mencegah sakit kepala, mengobati penyakit psoriasis, dan kutil.

Wah, ternyata banyak sekali manfaat dan makanan yang bisa diolah kembali dari kulit pisang. Mulai sekarang jangan lagi membuang kulit pisang. Sebaiknya langsung dieksekusi lagi jadi cemilan enak.