Minuman bersoda dingin memang tampak menggoda dikonsumsi, apalagi jika cuaca sedang panas menyengat. Tak pelak, tenggorokan berasa segar kembali.

Minuman bersoda pun dengan mudah dapat ditemui di restoran cepat saji, minimarket dan supermarket besar. Tak hanya orang dewasa, minuman bersoda juga banyak digemari anak-anak. Namun, konsumsi berlebih sangat tidak disarankan, karena bisa memicu berbagai gangguan kesehatan. Apa saja?

Kerusakan gigi

Semua minuman bersoda mengandung zat asam dan secara perlahan bisa menyebabkan korosi enamel gigi. Korosi pada enamel gigi akan menyebabkan kerusakan dan gigi sensitif. Tingginya kandungan gula dalam minuman bersoda juga menyumbang berkembangnya kuman dalam mulut.

Kalori kosong

Dalam takaran umum, minuman soda mengandung air, pewarna sintetis makanan, perasa, banyak gula, kafein, dan asam fosfor. Tak satu pun dari kandungan tersebut berisi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Umumnya, minuman soda hanya kalori kosong. Kamu hanya akan menikmatinya saat haus, setelah itu tak ada manfaat lain yang bisa didapat.

Kerusakan tulang

Asam fosfor dalam minuman bersoda juga beracun bagi tulang. Kandungan tersebut dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh bahkan bisa memicu osteoporosis.

Batu ginjal

Asam fosfor juga bisa menyebabkan gangguan pada ginjal, saat ginjal mulai menskresi kandungan tersebut. Minuman soda dapat menghilangkan kalsium pada tubuh yang disimpan dalam ginjal dan membuat terbentuknya batu dalam ginjal.

Kerusakan kulit

Kelebihan konsumsi gula juga akan membuat kulit mengalami penuaan lebih cepat. Lantaran kalori kosong, minim nutrisi, dan kandungan kafein-nya pun bisa membuat kulit terlihat menua. Terlalu banyak minuman soda juga menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan mengendur.

Obesitas

Obesitas dan minuman soda ternyata saling berkaitan. Sejak lama, studi di berbagai belahan dunia telah membuktikan bahwa mengonsumsi terlalu banyak minuman soda dapat memicu obesitas pada anak-anak maupun orang dewasa.

Malnutrisi

Minuman bersoda juga bisa menimbulkan rasa ketagihan. Ketika, seseorang sudah ketagihan dan dijadikan kebiasaan, maka konsumsi terhadap minuman yang lebih sehat, seperti susu, kopi, atau teh mulai berkurang. Hal ini tentu akan menyebabkan malnutrisi. Semua minuman bersoda memiliki dampak buruk yang sama. Siapkah kesehatan kamu jadi taruhan?