Kejujuran adalah kesederhanaan yang paling mewah. Kejujuran mahal harganya sebab semakin sulit untuk ditemukan.Baru-baru ini, kisah viral tentang kejujuran berasal dari daerah Glasgow, Skotlandia.

Kisah inspiratif tersebut berasal dari seorang pria tunawisma bernama James John McGeown. Kala itu, James melihat dompet yang tertinggal di kursi depan sebuah mobil.

Mobil terparkir di depan kantor pengadilan dengan kaca yang terbuka, sehingga dompet yang berada di dalam mobil tersebut mudah terlihat dari luar.Karenanya, James berusaha menjaga uang tersebut agar tidak dicuri oleh orang lain yang melewatinya.

James berdiri di samping mobil tersebut hingga berharap sang pemilik mobil datang. Bahkan James tetap di sana ketika hujan deras turun.

Tunawisma ini berdiri berjam-jam saat hujan demi jaga dompet orang Foto:independent.co.uk

Dua jam lebih telah berlalu, James juga sudah kedinginan namun sang pemilik mobil belum juga datang. John lantas memikirkan cara lain agar dompet sang pemilik mobil tetap aman dengan cara menyerahkannya ke kantor pengacara.

Lalu, sang pemilik mobil John McMonagle bersama rekannya Alyshia Orford kembali ke mobil dan mendapati bahwa barang tersebut ada di gedung pengadilan. Mereka sangat bersyukur sebab dompet tersebut berisi uang 450 atau setara Rp 8,2 juta.

Tunawisma ini berdiri berjam-jam saat hujan demi jaga dompet orang Foto:thesun.co.uk

Mereka lantas mencari tahu siapa yang telah berbaik hati menyelamatkan uang tersebut dan berhasil bertemu James.

Sang pemilik mobil lantas ingin memberikan imbalan uang namun James menolak. Akhirnya, John memberikan James sepatu boots dan sleeping bag baru.

Postingan tentang James di media sosial sudah di share sebanyak 26.000 kali dan lebih dari 54.000 like hanya dalam 24 jam.

Berkat kejadian ini, James telah dibanjiri tawaran kerja, pelatihan dan akomodasi.