Hidup bahagia bersama pasangan hingga usia senja adalah dambaan setiap insan. Namun tak semua orang bisa beruntung mengalaminya. Tak sedikit orang yang hidup sendiri di masa tuanya karena ditinggal mati pasangannya. Jika dia wanita maka menjadi janda.

Sungguh tak mudah menjadi seorang janda. Dia harus bekerja keras untuk menghidupi dirinya sendiri. Di usia yang kian renta, bekerja untuk mencari nafkah tentu tidak mudah. Oleh karena itu mereka memerlukan bantuan orang lain.

Hal itulah yang menggerakkan Roel Mustafa (39), seorang laki-laki asal Depok, Jawa Barat, untuk membantu para janda. Janda-janda yang dia bantu adalah yang berusia lebih dari 65 tahun. Tidak tanggung-tanggung, saat ini dia sudah menyantuni tak kurang dari 300 orang janda tua.

Ini sosok Roel Mustafa, lelaki 1.000 janda

Para janda yang dia santuni berasal dari berbagai wilayah. Mulai dari Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Nganjuk, hingga Lampung. Ke depan, dia bercita-cita menambah janda yang dia bantu menjadi 1000 orang. Karena itulah dia mendapat julukan "Lelaki 1000 janda".

Pada awalnya, bantuan yang diberikan Mustafa berupa sembako, seperti gula dan minyak.Namun seiring berjalan waktu, banyak orang yang hatinya terketuk dan menitipkan bantuan kepadanya. Kini, bantuan yang diberikan tak hanya sembako, tetapi juga merenovasi rumah, biaya pengobatan, serta modal usaha.

Ini sosok Roel Mustafa, lelaki 1.000 janda

Lebih dari itu, pengusaha restoran steak ini tak hanya memberikan bantuan materi, tetapi juga melipur lara para janda yang dikunjungi. Menurut Mustafa, dengan mendatangi para janda itu, mengajak mereka ngobrol, mengajak mereka bercanda, bisa mendatangkan kebahagiaan bagi mereka. Menurutnya, para janda itu rindu bercengkerama dengan anak-anak mereka. Akan tetapi anak mereka tak banyak yang peduli. [*]

CATATAN: diolah dari berbagai sumber, foto-foto bersumber dari akun Facebook Roel Mustafa.