Ketika momen pergantian tahun datang, biasanya seseorang akan melihat kembali pencapaian-pencapaian yang telah ditorehkan di tahun sebelumnya dan merencanakan target-target di tahun berikutnya.

Dalam merefleksi pencapaian di tahun sebelumnya, banyak diantara kita yang merasa kecewa karena banyak target yang tidak terlcapai. Hal ini bisa jadi karena kurangnya keyakinan terhadap kemampuan diri.

Sesungguhnya Tuhan telah menyematkan potensi yang luarbiasa dalam diri manusia. Hanya saja banyak orang yang tidak menyadarinya.

Berikut ini akan diuraikan tentang empat potensi dasar yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia yang akan menunjang kesuksesan seseorang apabila bisa dioptimalkan.

1. Kesadaran diri

4 Potensi tersembunyi manusia yang sering diremehkan, efeknya dahsyat!

foto: eduquoted.com

Kesadaran diri adalah kemampuan seseorang untuk memahami tujuan atau cita-cita hidup, mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, serta mampu mengontrol pikiran, perasaan, dan tindakan.

2. Imajinasi

4 Potensi tersembunyi manusia yang sering diremehkan, efeknya dahsyat! foto: flickr.com

Imajinasi adalah kemampuan untuk mencipta sesuatu dalam pikiran diluar realitas yang ada. Dengan imajinasi, manusia mampu membuat visi untuk memproyeksikan masa depan sesuai keinginannya dan membuat perencanaan-perencanaan.

3. Kehendak bebas

4 Potensi tersembunyi manusia yang sering diremehkan, efeknya dahsyat!

foto: mindfulararticles.com

Kehendak bebas adalah kemampuan untuk bertindak berdasarkan kesadaran diri dan imajinasi, bebas dari pengaruh lain. Manusia berhak menentukan tingkat kehidupannya dan menjadi seperti apa yang diinginkan. Itulah sebabnya Tuhan memberikan kekuasaan kepada manusia untuk menjadi wakilnya di muka bumi yang bertugas mengelola dan memanfaatkan alam untuk kesejahteraannya.

4. Hati nurani

4 Potensi tersembunyi manusia yang sering diremehkan, efeknya dahsyat!

foto: shutterstock.com

Hati nurani merupakan kesadaran batin yang dalam tentang prinsip-prinsip yang mengatur perilaku, memberikan arahan dan pengertian tentang kebenaran dan kesalahan. Hati nurani memberikan kesadaran akan adanya suatu kuasa di luar dirinya (Tuhan) yang memunculkan spiritualitas dan religiusitas.

Jika keempat potensi di atas dapat dioptimalkan, maka kesuksesan pasti datang.