Bicara mengenai militer, pastinya tidak bisa dipisahkan dengan kekuatan. Oleh karena itu, Global Firepower Index kembali mengeluarkan daftar 25 besar negara-negara yang memiliki militer terkuat.

Penilaian yang dilakukan Global Firepower Index menggunakan 50 indikator. Beberapa indikator tersebut meliputi jumlah tentara yang dimiliki, kendaraan tempur yang dimiliki, anggaran belanja militer dan lain sebagainya.

Pertanyaannya, negara mana yang memiliki militer terkuat di dunia? Jawabannya adalah Amerika Serikat. AS mempunyai 8000 tank, 13 jet temput, 75 kapal selam, lebih dari 2,5 juta tentara yang aktif dan lain sebagainya. Kalau kita amati, betapa hebatnya AS dengan memiliki kekuatan militer sehebat itu. Bukan begitu?

Lalu, Indonesia bagaimana? Ternyata Indonesia mampu menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara. Indonesia berada di peringkat 14 yang mampu mengalahkan kekuatan militer Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Peringkat terbaru Militer Terkuat di Dunia, Indonesia masuk 14 besar

Indonesia memiliki kurang lebih 400 tank, 400 jet tempur dan dua kapal selam serta 800 ribu tentara aktif.

Hal ini bisa memberi kebanggaan tersendiri bagi warga Indonesia. Menjadi 14 besar militer terkuat di dunia tentu bukan pekerjaan yang gampang. Semoga Indonesia terus mencapai peringkat yang lebih tinggi dalam hal kekuatan militer.