Sejak teknologi Personal Computer (PC) pertama kali dikenalkan ke masyarakat, kita menyadari bahwa media penyimpanan (storage) menjadi salah satu hal yang tak bisa dipisahkan. Fungsi dari storage ini sendiri tidak lain untuk menyimpan dan memuat ulang berbagai macam data. Begitu pula dengan game yang menjadi bagian dari variasi penggunaan perangkat PC. Data yang diciptakan oleh para produsen game, dikemas sedemikian rupa sebelum akhirnya dipasang dan dimuat ulang oleh para penggunanya melalui media storage.

Nah, histori dari media penyimpanan ini ternyata telah berlangsung cukup lama dan terus berevolusi. Mulai dari kapasitasnya yang sangat kecil, hingga kapasitas yang sangat besar serta jauh lebih mudah untuk diakses. Daripada penasaran, cek langsung aja ya pembahasannya berikut ini!

5. Floppy Disk

Ini evolusi 5 media penyimpanan file dokumen dari masa ke masa

Era awalstoragePC dimulai dari perkembangandiskatau disket yang sering disebut juga denganfloopy disk. Awalnyafloopy diskmemiliki ukuran yang cukup besar dan pipih. Namun lama kelamaan ukurannya mulai diperkecil terkait dengan ukuran PC yang juga semakin kecil dan praktis. Kapasitas darifloopy diskberkisar antara 720KB - 1.44MB. Media penyimpanan ini berjaya sekitar tahun 1970-1990.

4. CD/DVD

Ini evolusi 5 media penyimpanan file dokumen dari masa ke masa

Perkembangan media penyimpanancompact disk(CD) dimulai pada tahun 1980-an, namun baru resmi dipasarkan diakhir tahun 1990. Peningkatan kapasitas yang cukup signifikan menjadi salah satu faktor kenapa banyak orang mulai beralih darifloopy disk. Bayangkan saja, dari kapasitas maksimal 1.44MB bisa ditingkatkan sampai 500MB! Tak berhenti sampai di situ saja,compact discterus dikembangkan menjadidigital video disc(DVD) yang kemampuan menyimpannya mencapai 4,7GB!

3. USB Flash Drive

Ini evolusi 5 media penyimpanan file dokumen dari masa ke masa

Salah satu kelemahan CD dan DVD adalah daya tahannya yang mudah rusak bila piringannya terlalu banyak terkena gesekan. Para pakar pun mulai menciptakan teknologi baru yang jauh lebih praktis dan canggih.USB Flash driveakhirnya hadir di tahun 2000-an. Kemudahan akses serta kapasitas penyimpanan yang besar, membuat mediastorageini jadi sangat laris danboomingdi pasaran. Ukurannya pun bervariasi, mulai dari 1GB hingga 256GB. Sampai saat iniUSB Flash drivemasih menjadi favoritstoragebagi sebagian orang.

2. Hard Disk External

Ini evolusi 5 media penyimpanan file dokumen dari masa ke masa

Berbeda dengan USB Flash Drive, Hard Disk External bisa diibaratkan sebagai hard disk yang selama ini terdapat pada bagian dalam PC, namun bisa dipasang dan dicabut dengan mudah. Kestabilan dan kapasitasnya yang sangat besar, menjadi salah satu alasan gamer memilih Hard Disk External sebagai media penyimpanan; mengingat game-game PC saat ini benar-benar rakus akan data!

1. Cloud Drive

Ini evolusi 5 media penyimpanan file dokumen dari masa ke masa

Semakin cepat dan mudahnya akses pengguna PC akan jaringan internet, merubah mekanisme media penyimpanan ini secara signifikan. Kini semua data yang diolah mulai diproses dalam sebuah serveronlineyang bisa diakses kapan saja di mana saja selagi terhubung dengan internet. Sistem seperti ini sering disebut juga dengancloud. Sudah banyak game-game berbayar yang bisa kalian beli lisensinya dan langsung diunduh saat itu juga berkat teknologi ini.

Itu tadiguysevolusi lima media penyimpanan game PC dari masa ke masa. Menurut kalian sendiri mana sih yang paling berkesan?