Siapa yang tidak tahu Google Translate. Website yang juga ada dalam bentuk aplikasi dengan fungsi menerjemahkan berbagai bahasa di belahan Bumi. Selain mudah, Google Translate juga gratis. Tak jarang banyak orang yang lebih suka menginstall Google Translate daripada kamus.

Namun ada juga yang kontra dengan aplikasi ini. Mereka menganggap hasil terjemahan Google Translate banyak yang salah dan tidak bisa dipercaya. Walau tidak sepenuhnya betul namun Google Translate memang sering memberi terjemahan salah apabila dalam bentuk per kalimat. Untuk penerjemahan per kata, Google Translate bisa dibilang sama unggulnya dengan kamus. Selain menampilkan arti kata juga ditampilkan berbagai sinonimnya, definisi, dan contoh kata tersebut dalam sebuah kalimat.

Di samping banyaknya pro dan kontra, ada beberapa fakta yang jarang diketahui orang-orang mengenai Google Translate. Ini di antaranya.

1.Ada sekitar 104 bahasa dalam Google Translate.

Inilah 8 fakta Google Translate yang jarang diketahui

Gambar: deshgujarat.com

Memang banyak sekali bahasa yang disajikan di Google Translate, bahkan ada bahasa daerah yang masuk di Google Translate yaitu BahasaJawa dan Bahasa Sunda. Padahal saat peluncuran pertama Google Translate hanya mendukung Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Perkembangan yang luar biasa, bukan.

2. Penggunanya lebih dari 500 juta orang.

Tak heran penggunanya bisa mencapai nominal sebanyak itu karena memang mudah dipahami berbagai kalangan. Pada tahun 2006 setelah peluncurannya, pengguna Google Translate sudah mencapai ratusan.

3. Bahasa Indonesia baru masuk Google Translatepada tahun 2008.

Pada awalnya Google Translate hanya menyediakan bahasa yang digunakan pada konferensi PBB. Seperti Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Tionghoa lalu menyusul bahasa lain walau bukan bahasa internasional seperti Bahasa Jerman, Bahasa Jepang dan sebagainya termasuk Bahasa Indonesia.

4. Bahasa yang paling banyak diterjemahkan adalah bahasa ke Inggris ke Arab, Portugis, Rusia, dan Indonesia.

Siapa sangka ternyata Bahasa Indonesia juga masuk dalam bahasa yang sering diterjemahkan ke Google Translate. Entah karena Indonesia punya tingkat wisatawan asing tinggi atau karena Indonesia termasuk negara dengan jumlah penduduk yang cukup padat. Namun cukup ini menarik mengingat Bahasa Indonesia bukan bahasa internasional dan tidak sepopuler bahasa lain.

5. Mengusung fitur praktis dan canggih.

Inilah 8 fakta Google Translate yang jarang diketahui

Gambar: theguardian.com

Selain mengetik manual, kamu juga bisa menerjemahkan secara praktis dengan cara memfoto gambar maupun tulisan dan juga suara narasumber. Setelah difoto maka tulisan tersebut akan otomatis keluar beserta terjemahannya. Tentu sangat praktis, bukan?

6. Bisa membuat phrasebookatau buku frasa.

Inilah 8 fakta Google Translate yang jarang diketahui

Mungkin beberapa orang masih ada yang tidak tahu fitur ini. Fitur ini berisi kumpulan kata yangbisa kamupinned dengan cara memberi bintang. Jadi tak harus mengetik ulang, cukup pilih menu dan klik phrasebook, maka akan muncul kata apa saja yang kamu anggap penting.

7. Fitur pengucapan yang bisa diperlambat.

Inilah 8 fakta Google Translate yang jarang diketahui

Selain menerjemahkan, Google Translate juga menyediakan fitur pengucapan kata. Memang terdengar datar jika dalam bentuk kalimat dan cepat, namun fitur ini cukup menarik dan membantu banyak orang.

Jika pengucapannya terlalu cepat, Google Translate memungkinkanmu memutar audio tersebut dengan kecepatan yang lebih lambat. Pilih bagian setting maka akan terlihat menunya.

8. Google tidak menggunakan Google Translate untuk keperluan bisnis mereka.

Seperti yang kita tahu, Google Translate merupakan mesin dan tak jarang memang memberi hasil terjemahan yang kurang tepat. Google Transalate lebih cocok untuk menerjemah dalam bentuk kata dan frasa. Hasil terjemahan Google Translate sangat aneh jika penerjemahannya dalam bentuk kalimat. Oleh sebab itupenerjemah manusia masih diutamakan untuk urusan bisnis.