×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 6 alasan media sosial menjadi tempat bisnis instan

0

News

Inilah 6 alasan media sosial menjadi tempat bisnis instan

Media sosial menjadi sumber mata pencarian yang sangat diandalkan untuk menjalankan sebuah bisnis secara online.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Savira ft

28 / 01 / 2019 13:08

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memang sangat berkembang pesat. Apalagi semenjak munculnya media sosial yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Manfaat yang diberikan media sosial sangatlah banyak, salah satunya adalah untuk melakukan bisnis secara instant. Jika ketika dahulu bisnis melakukan perkenalan produk kepada masyarakat dengan memakan waktu yang lama, sekarang hanya memakan waku yang sangat singkat dan hemat energi dengan melalui gadget dan internet.

Berikut beberapa kelebihan saat melakukan bisnis lewat media sosial.

1. Bagikan informasi tentang produk lebih cepat.

Dalam media sosial informasi sangat mudah didapatkan. Karena dalam fitur media sosial adanya pilihan membagikan informasi yang kita kenal dengan pilihan “Sharing to everyone atau Share”  ke orang terdekat kita yang ada di media sosial.

 

Loading...

2. Membantu pencarian target konsumen lebih mudah.

Banyak sekali cara untuk kita mendapatkan informasi sesuai apa yang kita inginkan, salah satunya melalui mesin pencarian menggunakan Tagar atau Hashtag kata yang kita ingin cari dalam media sosial yang kita gunakan. Melakukan pencarian tersebut akan memudahkan konsumen menemukan kategori barang atau jasa yang mereka butuhkan. Misalnya Tagar dalam Instagram yang satu ini memberikan kemudahan dalam pencarian pengguna.

 

3. Membuat hubungan timbal balik menjadi cepat.

Feedback merupakan hal yang terpenting saat konsumen membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk sekaligus penting bagi perusahaan untuk mengetahui pendapat masyarakat mengenai tentang produknya. Media sosial tentu memberikan kemudahan pengguna dalam berinteraksi satu sama lain melalui Direct Messages dan kolam komentar yang tersedia. Bahkan dalam kolam komentar para konsumen bisa berbagi tentang produk. Berbeda jika kita dahulu hanya bisa berinteraksi melalui customer service via email atau mendatangi toko secara langsung.

 

4. Hubungan antara penjual dan pembeli lebih dekat.

Interaksi dalam media sosial tentu akan memberikan feedback yang sangat baik antara penjual dan konsumen. Konsumen bisa langsung memberikan saran, kritik, pertanyaan sekaligus penilaian pada kolom komentar atau mengirim pesan (Direct Messages) mengenai produk, jasa, dan layanan yang bersangkutan.

Dengan begini respon konsumen terhadap aspek apapun pada bisnis kamu bisa terlihat dengan jelas, cepat, dan langsung. Hasilnya bisa kamu gunakan untuk melakukan improvisasi terhadap kualitas bisnismu kedepannya.

 

5. Mengurangi biaya periklanan dalam menjual dan mempromosikan produk.

Melakukan pengiklanan produk dan jasa dalam media sosial sangat mengurangi biaya pengeluaran usaha kamu. Biaya yang diperlukan hanya paket internet serta waktu untuk melakukan pengembangan pengenalan usaha. Banyak sekali aplikasi yang memudahkan kita untuk melakukan penjualan, di antaranya ialah adanya aplikasi toko belanja online yang terdiri dari ribuan toko yang ikut serta mendaftarkan usahanya unruk menjual produk serta melakukan promosi yang menarik. Pendaftaran tersebut tentu tanpa dipungut biaya untuk kita menjual produk.

Selain itu, fitur Instagram melakukan penambahan kategori akun yang hendak kita gunakan, misalnya Bisnis, Personal blog, dan lain-lain sehingga dapat kita membagikan tentang seputar usaha secara mudah untuk diperkenalkan produk dan jasa kepada orang sekitar.

 

6. Tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak.

Hal yang lebih menguntungkan dalam melakukan bisnis lewat situs media sosial ialah mendapatkan profit yang lebih banyak. Ketika pengeluaran yang seharusnya kita keluarkan untuk menggaji karyawan kini akan sedikit berkurang dengan terbantunya dengan sistem. Seperti yang biasa kita jumpai ditoko-toko zaman dahulu, kita harus membayar beberapa karyawan untuk bersusah payah dengan membagikan sebuah brosur yang berisian produk atau promosi yang sedang berlangsung. Tetapi berbeda dengan sekarang yang kita lihat dengan bantuan media sosial kita bisa memamfaatkan sistem maupun fitur yang tentu bisa dikerjakan 1 orang dan menyebar luaskannya ke banyak orang secara langsung.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red