Mesin offset adalah sebuah mesin konvensional yang masih banyak digunakan di Inonesia. Teknik mesin cetak offset digunakan untuk mencetak dengan jumlah yang banyak seperti buku, koran, dan kebutuhan jurnal lainnya. Di samping itu teknik cetak ini juga digunakan untuk kebutuhan komesial seperti selebaran brosur, poster, spanduk dan lain lainnya.

Inilah 6 alasan digital printing lebih baik dari offset printing

Mesti di era digital ini, mesin cetak offset masih digunakan dikarenanan dalam pemesanan jumlah yang besar, menggunakan mesin offset masih merupakan pilihan yang lebih ekonomis. Akan tetapi dalam beberapa dekade ini mesin cetak digital printing menjadi primadona dalam industri grafika dikarenakan banyaknya keunggulan dan keuntungan jika dibandingkan dengan mesin konvensional. Informasi yang sangat menarik adalah bahawa mesin digital ini dapat memberikan effesiensi dalam beberapa hal seperti kertas, waktu, dan biaya.

Di sini mari kita sedikit membahas tentang beberapa keuntungan yang saya bicarakan.

1. Biaya persiapan cetak yang lebih murah.

Proses dalam digital printing sangat mudah. Tidak seperti Mesin offset yang masih membutuhkan plat untuk mencetak, mesin digital dapat mencetak langsung dari file. Seperti printer desktop kita. Yang perlu kamu lakukan adalah sedikit edit untuk memberikan Bleed (Garis potong) dan meneruskannya ke mesin cetak, dan dalam hitungan detik saja, mesin dapat menghasilkan cetakan yang sempurna.

Dari segi operator, mesin digital tidak membutuhkan skill untuk setting warna, pengaturan warna disediakan didalam software mesin, sehingga dapat dirubah dengan mudah oleh operator mesin. Tidak seperti mesin offset, pengaturan warna dalam mencetak sangat tergantung dengan jam terbang operator, sehingga untuk operator yang masih baru, sangat sulit untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

2. Waktu mencetak yang lebih cepat.

Dikarenakan mesin digital memiliki mekanisme seperti printer kantor, maka kecepatan dalam mencetak semakin efisien dibandingkan dengan mesin offset yang sangat mengandalkan operator. Hal ini tentu saja membuat pelanggan kamu lebih senang karena cetakan yang dipesan dapat selesai lebih awal. Dan dari sisi perusahaan, kamu dapat memberikan pelayanan cepat kepada pelanggan kamu, dan tentu saja dengan harga yang lebih premium.

3. Pesanan kustom.

Digital printing dapat mencetak gambar yang berbeda beda sehingga memungkinkan pelanggan untuk mencetak dengan memberikan nama yang berbeda beda dalam cetakan tersebut seperti Kartu nama, sertifikat, poster, agenda, dan lainnya.

4. Kualitas cetak yang tinggi.

Sekarang ini mesin mesin digital menawarkan resolusi cetak yang mendekati offset, kecepatan yang cepat, ukuran cetak yang besar, dan harga yang semakin bersaing. Software yang terdapat dalam mesin cetak digital printing menjadi lebih baik dikarenakan dapat mencetak mendekati warna pantone sehingga untuk pelanggan perusahaan besar, dapat mencetak yang sesuai dengan warna yang mereka inginkan. Mungkin, dalam hal variasi warna mesin digital lebih baik dari pada mesin offset.

5. Biaya.

Tentu saja, ketika kita berbicara tentang biaya, maka mesin digital printing adalah jawabannya. Sekarang ini, dengan majunya industri desain, kecenderungan pelanggan untuk mencetak lebih sedikit akan tetapi lebih repetitive. Hal ini membuat mesin digital printing lebih digemari oleh pelanggan dikarenakan untuk mencetak sedikit mesin digital printing memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan mesin offset.

6. Creative print.

Dikarenakan digital printing dapat mencetak satuan, maka terbuka untuk orang orang untuk menciptakan produk produk kreatif seperti frame foto, gift, kartu ucapan unik dan lain lainnya. Tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan dengan mesin offset yang mengharuskan mencetak dalam jumlah besar.