×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 5 mitos yang dipercaya mampu mengusir hujan

0

N/A

Inilah 5 mitos yang dipercaya mampu mengusir hujan

Foto: https://www.pexels.com/photo/black-and-white-clear-cool-dew-459451/

Mitos-mitos ini sudah ada sejak dulu dan dipercaya sejak lama.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Odhi Rizaldi

07 / 05 / 2019 13:05

Hujan merupakan sebuah fenomena alam yang sering terjadi pada kawasan beriklim tropis, khususnya Indonesia. Hujan sudah menjadi agenda cuaca setiap tahunnya bagi masyarakat Indonesia. Keberadaan hujan dapat memberikan dampak positif, yaitu dapat menghemat air untuk menyiram tanaman, cadangan air, dan sebagainya.

Namun, hujan juga membawa dampak negatif khususnya bagi orang-orang yang mengadakan acara di luar ruangan atau ketika ingin berpergian. Bahkan, apabila hujan yang terjadi secara terus-menerus membuat orang-orang berpikir untuk mengusir hujan.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai 5 mitos yang dipercaya mampu mengusir hujan seperti yang dilansir dari akun instagram @malangtodaynet. Apa sajakah itu? Cek di bawah ini.

1. Tarian pengusir hujan.

Tarian pengusir hujan

Loading...

Ternyata, tidak hanya terdapat tarian yang dapat memanggil hujan saja. Namun, juga terdapat tarian yang dapat dilakukan untuk mengusir hujan. Tarian ini dilakukan oleh masyarakat asli Amerika.

Biasanya, tarian ini dilakukan oleh beberapa orang atau bahkan pawang hujan untuk mengusir hujan ketika ada suatu pertandingan besar atau acara kenegaraan di luar ruangan.

 

2. Menggunakan lidi.

Lidi pengusir hujan

Metode ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengusir hujan yang terjadi. Caranya yaitu dengan menusukkan bawang merah, cabai, dan bawang putih pada ujung lidi.

Bahan lidi yang digunakan harus berada pada posisi vertikal dan berasal dari bahan panen sendiri. Biasanya, metode ini banyak dilakukan oleh para petani ketika langit sedang mendung untuk melindungi lahan mereka dari hujan.

 

3. Melemparkan celana dalam.

Melemparkan celana dalam

Mungkin mitos ini terlihat sangat aneh dan lucu tetapi hal tersebut benar-benar dipercaya dapat dilakukan untuk mengusir hujan. Konon, apabila kita melemparkan celana dalam ke atas atap maka dapat membuat dewa hujan kabur saat melihat celana dalam tersebut. Tentu saja celana dalam yang dilempar harus celana dalam baru, bukan celana dalam yang tidak dicuci seharian.

 

4. Tidak mandi pada saat hajatan.

Tidak mandi saat hajatan

Mitos ini masih dipercaya oleh beberapa kalangan di daerah tertentu. Mereka percaya apabila pemilik hajatan mandi pada saat acara berlangsung, maka hujan badai akan datang.

Untuk menghindari kejadian tersebut, biasanya pemilik hajatan hanya mencuci muka dengan sedikit air saja. Namun sebaiknya hal ini tidak sering-sering dilakukan karena bau badan yang dapat mengganggu orang di sekitar pada saat acara berlangsung.

 

5. Membuat boneka pengusir hujan.

Teru Teru Bozu

Mitos ini sudah ada sejak lama di negara Jepang. Boneka tersebut dinamakan Teru Teru Bozu yang dipercaya mampu untuk mengusir hujan oleh masyarakat Jepang. Bentuk boneka ini menyerupai hantu dan dipercaya mampu membuat dewa hujan untuk menghentikan hujan.

Biasanya, masyarakat Jepang memasang boneka Teru Teru Bozu di depan rumah mereka agar esoknya tidak terjadi hujan. Membuat boneka ini sangat sederhana yaitu hanya menggunakan kain perca putih dan tali.

 

Itulah tadi kelima mitos yang dipercaya mampu untuk mengusir hujan. Apakah kalian percaya dengan mitos-mitos tersebut? Atau mungkin kalian mempunyai mitos pengusir hujan yang lain dapat ditambahkan pada kolom komentar. Terima kasih sudah membaca.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red