×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 5 keutamaan zakat yang perlu kamu ketahui

0

Serius

Inilah 5 keutamaan zakat yang perlu kamu ketahui

Foto: ally j dari Pixabay

Zakat disebutkan 30 kali di dalam Alquran, 27 kalinya bersamaan dengan perintah salat lima waktu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sulaiman Adi Wijaya

04 / 05 / 2020 10:14

Menurut bahasa, kata 'zakat' adalah tumbuh, berkembang, subur atau bertambah. Dalam Alquran dan hadis disebutkan, “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah” (QS. al-Baqarah[2]: 276); “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka” (QS. at-Taubah[9]: 103); “Sedekah tidak akan mengurangi harta” (HR. Tirmizi).

Zakat disebutkan 30 kali di dalam Alquran, 27 kalinya bersamaan dengan perintah salat lima waktu. Ini menunjukkan betapa pentingnya kewajiban berzakat. Hal ini tentu berkaitan dengan seberapa penting zakat dilakukan sebagai bentuk ibadah terhadap Allah SWT.

Zakat dalam Islam berfungsi pula sebagai jaring sosial yang mana mengalirkan kekayaan dari si mampu kepada yang membutuhkan. Penulis melansir dari laman NU online beberapa keutamaan zakat, apa saja? Mari kita bahas satu per satu:

1. Masuk ke dalam surga.

Sebagaimana janji Allah dalam firman-Nya: “Tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang-orang mukmin, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Alquran), dan apa yang telah diturunkan sebelummu dan orang-orang yang mendirikan salat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Orang-orang itulah yang akan kami berikan kepada mereka pahala yang besar.” (QS. An-Nisa’: 162)

Loading...

2. Diampuni kesalahan-kesalahannya.

Allah berfirman: “Dan Sesungguhnya Allah telah mengambil Perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat di antara mereka orang pemimpin dan Allah berfirman: "Sesungguhnya aku beserta kamu, Sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik Sesungguhnya aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air di dalamnya sungai-sungai. Maka barang siapa yang kafir di antaramu sesudah itu, Sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus.” (QS. Al-Ma’iddah: 12).

3. Mendapatkan petunjuk dan hidayah dalam segala urusan.

Allah berfirman: “Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah: 18).

4. Mendapat balasan pahala yang terbaik dari zakat yang dilaksanakan dan dilipatgandakan.

Allah berfirman:“Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang. (Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. dan Allah memberi rezki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.”(QS. An-Nuur: 37 - 38).

5. Harta yang dimiliki menjadi barakah, berkembang semakin baik dan banyak.

Baginda Nabi Muhammad bersabda: “Sedekah (zakat) tidak akan mengurangi harta” (HR. Muslim).

Demikian beberapa keutamaan zakat, semoga para pemberi zakat selalu diberi keberkahan oleh Allah SWT.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red