×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 4 kegunaan lain dari busa yang tak akan kamu sangka

0

Wow

Inilah 4 kegunaan lain dari busa yang tak akan kamu sangka

Busa digunakan dalam bidang kesehatan sampai otomotif lho!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yuma~

23 / 08 / 2018 17:52

Dalam kehidupan sehari-hari, busa identik dengan kasur atau bantal. Strukturnya yang empuk dan berpori bisa kembali ke bentuk semula saat diberi beban berat badan kita. Meskipun nggak bisa terpisahkan dari perlengkapan rumah tangga, namun tak banyak yang tahu kegunaan lain dari busa yang amat mengejutkan.

Busa yang sering kita sentuh ternyata merupakan benda serbaguna yang punya banyak manfaat menakjubkan lain. Penasaran? Berikut 4 kegunaan lain dari busa yang gak kamu sangka sebelumnya.

1. Komponen Kapal Selam untuk eksplorasi yang lebih dalam.

Inilah 4 kegunaan lain dari busa yang tak akan kamu sangka

foto: Wikipedia.org

Loading...

Kendaraan yang sering kita gunakan, seperti pesawat atau kapal mempunyai suatu komponen yang ringan, namun tangguh. Komponen itu ialah busa sintaksis. Baru-baru ini ada sebuah perkembangan yang memungkinkan produsen kapal selam untuk membuat komponen berkualitas tinggi yang kompleks, tahan lama, ringan, serta mampu menahan tekanan lautan yang meningkat. Hal ini berkat metode pencetakan 3D yang bisa menciptakan busa sintaksis untuk membawa kapal selam ke tempat yang lebih dalam.

2. Pembuatan Jantung buatan yang benar-benar berfungsi.

Inilah 4 kegunaan lain dari busa yang tak akan kamu sangka

foto: theengineer.co.uk

Pada tahun 2015, tim peneliti dari Universitas Cornell telah membuat Jantung busa buatan dari sebuah bahan elastis yang dikenal dengan busa poroelastik atau busa elastomer. Jantung berbentuk stroberi ini mampu memompa atau melakukan sirkulasi layaknya fungsi jantung yang sebenarnya, keren abis!

3. Emas yang benar-benar mengapung di air.

Inilah 4 kegunaan lain dari busa yang tak akan kamu sangka

foto: newatlas.com

Emas bisa mengapung? Mungkin terdengar aneh ya! Sebab emas merupakan logam mulia yang punya massa jenis lebih besar dibanding massa jenis air, sehingga pasti akan tenggelam di dalam air. Tapi berbeda dengan emas yang sudah dimodifikasi oleh ilmuwan Swiss di tahun 2015 berikut ini. Mereka mengubah emas menjadi busa yang seribu kali lebih ringan daripada paduan emas. Busa emas ini terdiri dari 98 persen udara lho! Pantas saja ringan dan memungkinkan untuk mengapung di air. Kerennya, busa emas ini sangat mirip dengan emas murni dan menjadi nilai plus kalau dipergunakan untuk perhiasan, sebab dapat mudah membentuk bagian yang diinginkan.

4. Mengubah Mobil menjadi Busa serbaguna.

Inilah 4 kegunaan lain dari busa yang tak akan kamu sangka

foto: pxhere.com

Polikarbonat (PC) dan polyurethane (PUR) merupakan jenis plastik yang digunakan secara luas dalam industri kimia saat ini, termasuk industri mobil. Padahal kedua jenis plastik ini sulit untuk didaur ulang sehingga setiap tahunnya limbah ini dapat menyumbangkan jutaan ton limbah ke Bumi. Pada tahun 2017, ilmuwan menemukan cara baru untuk mendaur ulang PC dan PUR, yakni dengan menggunakan minyak kelapa dan gelombang mikro sehingga menjadi busa serbaguna. Busa ini lebih tahan api dan sangat multifungsi sehingga dapat digunakan seperti pada industri konstruksi dan otomotif.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red