Suka meminum minuman beralkohol? Memang sih, efek sementara yang terjadi, seperti pikiran menjadi rileks, dapat menenangkan diri. Namun, di luar itu, tubuh kamu berjuang untuk mengeluarkan racun dari kandungan alkohol itu sendiri. Bukan hanya ginjal, setiap anggota tubuh akan bereaksi pada setiap tegukan alkohol yang kamu minum.

Mau tahu apa saja efek alkohol kepada setiap anggota tubuh?

1. Otak

Dampak alkohol pada tubuh terutama terasa pada bagian otak, banyak yang memercayai bahwa alkohol dapat mematikan sel pada otak. Namun nyatanya, alkohol tersebut menggangu area otak kecil yang mengatur keseimbangan dan koordinasi, serta bagian korteks serebral pada otak yang mengatur cara berpikir, memori, dan pembelajaran.

Selain itu, bagian amygdala, bagian otak yang mengolah rasa takut dan marah, tidak terlalu bereaksi pada hal yang berbahaya. Oleh karena itu, tidak heran ketika sedang mabuk, kamu sering melakukan kegiatan yang berisiko.

2.Kulit

Alkohol dapat membuat kulit menjadi tidak sehat karena alkohol akan memperlebar pembuluh darah dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Selain itu, matakamu juga akan memerah seiring kulit yang ikut memerah. Karena jantung bertugas memompa lebih banyak cairan tubuh untuk mengimbangi jumlah alkohol yang tersebar ke seluruh tubuh, membuat wajahmu akan tampak lebih menggembung, lho.

3. Otot

Dengan mengonsumsi alkohol, tubuh akan lebih sulit untuk memperbaiki kerusakan protein serta lebih sulit untuk membuat protein baru. Hal ini tentu menjadi masalah krusial bagi kamu yang gemar berolahraga berat dan berniat untuk memperbesar otot.

Oleh karena itu, sempatkanlah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan protein serta karbohidrat setelah berolahraga.

4. Jantung

Alkohol mengandung polifenol yang dapat merelaksasi pembuluh darah atau meninggikan tingkat kolestrol baik yang bertugas melindungi jantung. Namun, keadaan tersebut hanya berlaku jika alkohol dikonsumsi dalam dosis terbatas dan hanya orang-orang dengan genetik tertentu.

Sementara itu, dua minuman alkohol perhari dapat meningkatkan risikofibrilasi atrium, di mana serambi jantung berdetak tidak beraturan.


5. Perut

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kelainan kondisi tubuh yang disebut dengan permeabilitas usus. Hal tersebut akan menyebabkan racun dan bakteri yang berbahaya dapat bocor ke sistem pencernaan kamu melalui peredaran darah, yang kemudian mendorong respons berbahaya pada sistem kekebalan tubuh dan berujung menyebabkan gangguan pada fungsi hati.

Pada dosis rendah, alkohol dapat mengiritasi perut, meningkatkan kadar keasaman, dan merelaksasi otot di bagian ujung esofagus yang menyebabkan rasa mulas.


6.Penis

Nah, bagi para pria, sebaiknya kamu mulai mengurangi konsumsi minuman beralkohol, ya! Pasalnya, dampak alkohol pada tubuh bagian ini dapat mengurangi jumlah sperma dan kesehatan dengan memengaruhi hormon testosteron.

Hampir tiga perempat dari pria yang ketergantungan alkohol mengidap penyakit lemah syahwat, ketidakmampuan ereksi, hinggaejakulasi dini.

Itu dia efek meminum minuman beralkohol pada tiap anggota tubuh kamu. Kesenangan sesaat yang didapat dari minuman beralkohol, dapat menyebabkan penyakit pada organ tubuh jika menjadi kebiasaan dan dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.