Tumor merupakan masalah kesehatan yang menyebabkan munculnya benjolan yang menetap di suatu bagian tubuh dan dapat tumbuh membesar. Berdasarkan tingkat keparahannya, tumor dibagi menjadi dua jenis yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

Dalam dunia medis, tumor dijelaskan sebagai pertumbuhan sel secara terus-menerus, tidak terkendali, dan tidak berfungsi di dalam tubuh. Tumor jinak adalah jenis tumor yang tidak menyebar atau menyerang jaringan di sekitarnya maupun di bagian tubuh lainnya. Sementara itu, tumor ganas dapat menyerang jaringan di sekitarnya maupun di bagian tubuh lainnya.

Selain itu, ketika dilakukan operasi pengangkatan, tumor jinak cenderung tidak akan tumbuh kembali. Sedangkan tumor ganas berpotensi untuk tumbuh kembali meskipun telah diangkat.

Penyebab utama terbentuknya tumor adalah akibat adanya ketidakseimbangan antara jumlah sel baru dengan jumlah sel lama yang sudah mati. Kondisi ini terjadi ketika sel baru terbentuk secara berlebihan atau sel lama yang seharusnya mati masih tetap hidup. Sedangkan, penyebab ketidakseimbangan sel tersebut masih belum diketahui secara pasti.

Pengobatan tumor.

Untuk pengobatan tumor sendiri ditentukan berdasarkan jenis, letak, ukuran, dan jinak atau ganasnya tumor tersebut. Tumor jinak yang masih berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala cenderung tidak memerlukan penanganan khusus. Dokter biasanya hanya akan menganjurkan pasien untuk melakukan pemeriksaan berkala guna memantau perkembangan tumor.

Sementara itu, jika tumor bersifat jinak, namun ukurannya besar sehingga menekan saraf, pembuluh darah, atau organ disekitarnya, maka dokter akan menganjurkan tindakan untu mengangkat tumor. Metode yang digunakan pun beraga, mulai dari penggunaan sinar laser hingga prosedur operasi dengan sayatan pisau bedah.

Selain operasi pengangkatan tumor, ada juga beberapa terapi untuk tumor, khususnya unuk tumor ganas atau yang disebut dengan kanker. Di antaranya adalah kemoterapi, radioterapi, terapi hormon, dan imunoterapi (terapi biologi).

Pencegahan tumor.

Pencegahan tumor umumnya lebih dilakukan untuk mencegah terjadinya tumor ganas atau kanker, sebab kanker merupakan penyakit berbahaya dan mematikan. Kunci utama untuk terhindar dari penyakit kanker, tentunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti:

- Hindari merokok.

- Tidak mengonsumsi alkohol.

- Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang.

- Olahraga teratur.

- Istirahat cukup.

- Kelola stres.

Selain menerapkan pola hidup sehat, beberapa jenis kanker juga dapat dicegah dengan melakukan imunisasi, vaksin hepatitis B, dan vaksin virus HPV (Human Papilloma Virus). Juga jangan lupa untuk memeriksa kesehatan ke dokter secara berkala.