Sepertinya kita sudah tahu larangan apa saja yang ada di sebuah SPBU Tanpa kita baca pun sebenarnya kita harus tahu pantangan apa saja ketika berada di sebuah SPBU agar tidak menimbulkan dampak yang merugikan.

Ini karena SPBU merupakan tempat yang bisa dibilang sangat sensitif dan berpotensi dapat menimbulkan api. Karena sekalinya tersulut mungkin sangat sulit untuk memadamkan api sebab di sana terdapat perantara yang mudah menyebarkan api.Seperti sebuah SPBU yang berada di daerah Jalan Pagelarang Cipayung, Jakarta Timur, terbakar padaSabtu (12/10/2019).

Ini penjelasan Pertamina soal SPBU yang terbakar di Cipayung

Sementara SPBU ditutup, berikut adalah penuturan Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami, "Untuk stok BBM aman dan telah kami siapkan back up stok, kami terus memantau pasokannya, seperti yang dikutip dari gridoto.com(12/10/2019).

Dewi juga menjelaskan kejadian bermula ketika sebuah mobil Daihatsu Grand Max sedang mengisi BBM. Saat itu tiba-tiba api membakar dispenser dan cepat merambat sampai seluruh SPBU habis dilahap api.

Saat ini masih dilakukan penyelidikan, namun sementara indikasi terjadinya api tersebut diduga datang dari radiasi handphone yang dimainkan pemilik mobil Daihatsu Grand Max tersebut.Dewi kemudian mengimbau agar tidak mengoperasikan handphone ketika berada di SPBU, terlebih saat dalam pengisian.

"Yaitu dengan mematikan mesin kendaraan, tidak menggunakan telepon seluler, tidak merokok di area SPBU, dan tidak mengisi BBM selain ke tangki kendaraan," tutupnya.