×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini manfaat dan kandungan jahe merah, bikin kekebalan tubuh bertambah

0

Kesehatan

Ini manfaat dan kandungan jahe merah, bikin kekebalan tubuh bertambah

Kamu bisa mengonsumsi jahe merah guna meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi virus.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

BRILLIANA PUTRI SYA`BAN

25 / 05 / 2021 14:40

Saat ini kita masih berada dalam kondisi pandemi virus Covid-19 yang telah banyak merenggut nyawa manusia. Menurut Kementerian Kesehatan, sekitar 80% kasus infeksi virus ini dapat diatasi tanpa adanya perawatan khusus kalau sistem kekebalan tubuh kita kuat. Oleh karena itu disarankan untuk tetap menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat agar terhindar dari virus Corona.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat adalah dengan istirahat yang cukup dan menjaga asupan gizi dalam makanan, terutama vitamin, mineral, dan antioksidan. Apakah makanan yang mengandung vitamin, mineral dan antioksidan itu mudah didapat? Jawabannya adalah iya.

Banyak bahan makanan di sekitar kita yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya adalah jahe merah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan.

Jahe merah atau yang memiliki nama latin Zingiber officinale var. rubrum ini mempunyai rimpang berwarna merah hingga jingga muda yang baunya tajam dan rasa sangat pedas, daunnya berwarna hijau gelap, dan batangnya berwarna hijau kemerahan. Jahe merah biasanya juga dimanfaatkan sebagai bahan baku obat karena memiliki kandungan oleoresin (3%) dan minyak atsiri (2,58-2,72%) yang lebih tinggi dibandingkan jahe lainnya (Sadikim dkk, 2018).

Rimpang Jahe Merah

Loading...

Kandungan utama pada rimpang jahe merah ini adalah karbohidrat (50-70%), lipid (3-8%), flavonoid, terpene (zingiberene, β-bisabolene, α-farnesene, β-sesquiphellandrene, α-curcumene), dan senyawa fenolik (gingerol, paradols, dan shogaol) yang punya manfaat masing-masing (Supu et al, 2018).

Menurut penelitian komputasional (molecular docking) menunjukkan bahwa beberapa kandungan yang terdapat pada jahe merah dapat menghambat infeksi virus SARS-CoV-2. Penelitian ini mengatakan senyawa seperti Ar-curcumene, gingerol, geraniol, shagaol, zingiberene, gingerenone, dan zingiberenol yang terdapat dalam jahe merah dapat dijadikan sebagai ligan (Pendonor pasangan elektron) yang dapat mengganggu ikatan antara S protein pada virus dengan reseptor ACE2 pada sel manusia (Dewi, 2020).

Gingerenone pada jahe merah berikatan dengan S protein dan Mpro paling rendah dibandingkan dengan senyawa lain pada jahe merah. Senyawa lain pada jahe merah yang dapat berinteraksi dengan residu utama dan dapat bertanggungjawab atas domain katalitik dari Mpro di antaranya gingerol, geraniol, shogaol, zingiberene, zingiberenol, dan zingerone. Sedangkan senyawa yang dapat mengganggu ikatan antara S protein dan ACE2 adalah geraniol, shogaol, zingiberene, zingiberenol, dan zingerone. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, jahe merah diperkirakan dapat menghambat proses infeksi dari virus SARS-CoV-2 pada sel manusia (Aryanta, 2019). Selain itu, Kandungan flavonoid yang memberikan sensasi hangat pada jahe merah juga dapat meredakan gejala infeksi Covid-19 yang berupa batuk (Hartanti et al, 2020).

Seperti kata pepatah, menjaga lebih baik daripada memperbaiki. Mencegah tubuh agar tidak terinfeksi Covid-19 di masa pandemi ini tentunya lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan mengobati ketika sudah terinfeksi. Jahe pun bukanlah bahan yang sulit ditemukan. Maka kita memiliki kesempatan yang sangat besar untuk menjaga tubuh dari infeksi Covid-19 ini. Penting juga bagi kita untuk berbagi informasi kepada sesama agar dapat menjaga lebih banyak jiwa untuk tetap sehat dan bisa lebih bermanfaat di lingkungan yang lebih luas.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red