Kerang menjadi salah satu makanan laut yang sudah tidak asing lagi, bahkan banyak dijajakan di pinggir jalan dan menjadi tempat salah satu favorit masyarakatuntuk bersantap bersamaan dengan olahan seafoodlain. Kerang juga memiliki manfaatyang sangat baik untuk kesehatan. Rasanya pun juga gurih dan nikmat.

Ini kandungan gizi dan manfaat kesehatan dari kerang

sumber: rheumapas.com

Ada beberapa jenis kerang yang sering kali ditemui, di antaranya kerang hijau dan kerang darah. Kerang memiliki nutrisi yang baik, hanya tinggal kamu harus memilih yang segar.

Berikut ini merupakan kandungan zat gizi yang ada pada kerang.

- Lemak: 1 gram atau 1 persen dari angka kecukupan gizi

- Protein: 11 gram atau 22 persen dari AKG harian

- Asam lemak omega-3: 168 miligram

- Zat besi: 12 miligram atau 66 persen dari AKG

- Vitamin B12: 42 mikrogram atau 700 persen dari AKG

- Vitamin A: 10 mikrogram atau 9 persen dari AKG

- Vitamin C: 11,1 miligram atau 18 persen dari AKG

- Kalsium: 78,2 miligram atau 7 persen dari AKG

- Kalium: 533,8 miligram atau 15 persen dari AKG

- Mangan: 0,4 miligram atau 21 persen dari AKG

- Selenium: 20,7 mikrogram atau 30 persen dari AKG

- Karbohidrat: 2 gram atau 1 persen dari dari AKG

- Kalori: 63 kkal

Berikut ini merupakan beberapa manfaatkerang bagi kesehatan.

1. Mengatasi anemia.

Kerang kaya akan zat besi yang berfungsi untuk membentuk hemoglobin, protein khusus yang bertugas untuk membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Tanpa adanya hemoglobin tubuh tidak akan berfungsi dengan baik karena akan kekurangan oksigen. Dengan memakan kerang, kamu bisa memberikan asupan zat besi yang cukup untuk membentuk hemoglobin.

2. Menjaga kesehatan jantung.

Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi terdapat dalam satu porsi kerang yang masih segar. Kandungan tersebut mampu menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi. Kadar tersebut akan berisiko menyebabkan berbagai masalah jantung jika terlalu tinggi.

3. Membentuk dan merawat otot.

Protein merupakan gizi yang sangat penting untuk asupan bagi tubuh manusia. Oleh karena itu protein berperan penting dalam membentuk massa otot dan merawat dari kerusakan jaringan atau sel. Protein juga bisa mempercepat proses pemulihan otot-otot yang kaku dan nyeri.

4. Menjaga fungsi sistem saraf.

Sistem saraf yang ada di dalam tubuh membutuhkan vitamin B yang kompleks, salah satunya vitamin B12. Jika kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan kerusakan saraf serta penurunan fungsi otak. Maka dari itu agar bekerja dengan baik, salah satunya untuk mengonsumsi kerang yang mempunyai kandungan vitamin B12.