Sudah jadi pengetahuan umum bahwa dasar laut tidak memiliki dasar yang rata melainkan selalu ada titik yang lebih dalam dan dasar lagi. Nah, titik terdalam dari lautan ini adalah Challenger Deep. Challenger Deep terletak di dasar laut Samudra Pasifik, ini adalah lembah dari bagian selatan Palung Mariana.

Titik tertinggi Bumi udah diketahui, gimana dengan titik terdalamnya?

Palung Mariana pertama kali diukur kedalamannya oleh kapal survey asal Inggris yang disebut sebagai HMS Challenger pada tahun 1875 dan bagian terdalam yang terukur saat itu adalah 10.911 meter.Namun, di percobaan kedua ditemukan lokasi yang lebih dalam lagi dari Palung Mariana yang diperkirakan memiliki kedalaman sekitar 10.899 meter, yang mana lebih dalam dari Palung Mariana.

Titik tertinggi Bumi udah diketahui, gimana dengan titik terdalamnya?

Penelusuran ke Palung Mariana dilakukan oleh sedikit orang. Sampai sekarang, hanya ada 2 orang yang pernah menelusuri bagian terdalam dari Palung Mariana.Pada tahun 2012, sutradara film terkenal, James Cameron, membuat kapsul kapalnya sendiri untuk menyelam ke bagian terdalam dari Palung Mariana dan dia berhasil mencapai dasarnya.