×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini dia 3 penyebab sakit perut yang jarang disadari

0

Kesehatan

Ini dia 3 penyebab sakit perut yang jarang disadari

Sakit perut merupakan kondisi umum yang dapat dialami oleh siapa saja. Namun banyak penyebab sakit perut yang mungkin belum kamu ketahui.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

15 / 10 / 2019 12:25

 

Sakit perut merupakan kondisi di mana daerah perut terasa nyeri. Rasa nyeri ini bisa terjadi pada otot perut maupun dari organ-organ yang ada di dalam perut atau organ yang berada di dekat perut. Selain itu, sakit perut juga dapat terjadi akibat infeksi atau kerusakan organ-organ di dalam perut.

Jika sakit perut yang kamu rasakan tak kunjung sembuh, maka sebaiknya kamu perhatikan dari mana rasa sakit itu datang, dan apakah ada gejala lain yang berhubungan dengan rasa sakit di perut. Berikut ini beberapa penyebab umum terjadinya sakit perut.

1. Diare.

Salah satu penyebab sakit perut adalah diare parah di mana kondisi ini menyebabkan tekstur tinja menjadi lebih berair dan encer. Diare merupakan kondisi di mana seseorang buang air besar setidaknya tiga kali atau bahkan lebih dalam sehari.

Loading...

Diare biasanya berlangsung selama 1 atau 2 hari dan akan pulih dengan sendirinya. Jika lebih dari 2 hari, maka sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan ke dokter, sebab bisa jadi ini merupakan pertanda adanya masalah lain seperti infeksi perut atau kondisi lainnya.

Selain itu, diare dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi dan kehilangan elektrolit penting di dalam tubuh. Maka dari itu, minum banyak air dengan elektrolit jika kamu mengalami diare, agar terhindar dari dehidrasi.

2. Sembelit.

Selain diare, sakit perut juga dapat terjadi akibat sembelit. Berbeda dengan diare, sembelit justru merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan untuk buang air besar karena tekstur tinja yang keras. Hal ini menyebabkan penderita sembelit tidak buang air besar sama sekali selama tiga hari berturut-turut atau lebih. Kondisi ini menyebabkan tinja akan menumpuk di usus besar, bahkan di bagian bawah perut sehingga perut menjadi kembung dan terasa sakit.

Sembelit merupakan kondisi yang dapat dialami oleh siapa pun tanpa memandang usia. Untuk menghindari kondisi ini, kamu harus mengonsumsi banyak cairan dan makanan yang kaya akan serat. Selain itu, olahraga teratur juga perlu dilakukan untuk membantu pencernaan.

3. Radang usus buntu (Apendisitis).

Jika sakit perut yang kamu rasakan berasal dari sisi kanan bawah perut, maka kemungkinan kamu mengalami radang usus buntu yang disebabkan oleh peradangan pada usus buntu kamu. Kondisi ini terjadi akibat usus buntu diblokir oleh tinja atau zat asing yang ada di dalam tubuh.

Jika tidak segera diobati, maka usus buntu kamu bisa pecah dan menyebabkan infeksi yang akan menyebar di dalam tubuh. Selain sakit perut, kondisi ini juga ditandai dengan demam tinggi, mual dan muntah, serta kehilangan nafsu makan.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red