×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini alasan mengapa harga motor tiap tahunnya mengalami kenaikan

0

News

Ini alasan mengapa harga motor tiap tahunnya mengalami kenaikan

Pernah kepikiran kenapa harga motor zaman dulu jauh lebih murah dibanding sekarang? Begini penjelasannya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

AutoVan

11 / 03 / 2019 11:45

Tanpa kalian sadari dan seiring berjalannya waktu, harga jual motor semakin ke sini semakin mahal. Dulunya saja motor 150cc dijual dengan harga kisaran 18-20 jutaan, kalau sekarang bahkan sudah tembus hampir 30 jutaan lebih.

Kenaikan ini jika dihitung-hitung lompatnya jauh juga loh. Bahkan motor matic yang dulunya dijual di kisaran 15 jutaan, sekarang semuanya hampir rata menyentuh angka 20 jutaan.

Memang kalau berbicara soal komparasi penjualan motor zaman dulu dengan motor sekarang, hampir semua terpukul rata mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

sumber : dhukha99.files.wordpress.co

Tapi entah untuk Suzuki, pabrikan ini cenderung lebih lamban dalam soal kenaikan harga seperti beberapa kompetitor lainnya. Contohnya saja tahun 2002 Honda MegaPro masih bisa dibeli dengan harga 14 jutaan. Namun sekarang Honda CB Verza aja sudah nyentuh angka 19 jutaan. Bahkan itu kelas entry level, bagaimana kalau CB150R atau bahkan CBR150R? Pasti akan jauh lebih melambung.

Loading...

Di tahun 2007, Yamaha Vixion baru dijual dengan harga 18 jutaan. Sekarang aja sudah mendekati angka 30 jutaan (tipe R). Kemudian di tahun berikutnya pertama kali Ninja 250 karbu meluncur, dulunya cuma dijual dengan harga 44 jutaan, jika dibanding sekarang sudah over price di angka 60 jutaan.

 

Kenapaharga motor bisa melambung?

Sebelum kalian jawab dengan alasan value atau nilai mata uang, mungkin kurang tepat deh. Memang terlihat lebih murah dibanding sekarang, tapi kalau kalian hitung-hitung tahun dulu dengan sekaran pun hampir imbang nilainya.

Nah, jadi alasan yang cukup kongkret yaitu karena inflasi mata uang. Ketika nilai uang makin tidak berharga, maka banderol jadi terkesan mahal, seperti yang dikatakan iwanbanaran.com (9/12/2018).

sumber : motorganteng.com

Yang kedua juga pengaruh gaji karyawan. Kalau harga produksi makin tinggi, vendor juga akan menaikkan harga bandrolan karena biaya produksi berbanding lurus dengan pricing. Begitu juga dengan faktor kenaikan dollar. Kalau dulu di tahun 2008 nilai rupiah terhadap dollar masih 8 ribuan, sekarang sih nyaris hampir 2 kali lipatnya.

Tapi mau bagaimanapun, harga motor sekarang kenaikannya makin gak lazim. Ini akan terus terjadi seiring pabrikan melakukan refreshment dan berpengaruh pada kenaikan harga. Mungkin bisa-bisa 5 tahun ke depan harga motor 150cc bisa tembus 40 jutaan.

Bagaimana menurut kalian?






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red