Untuk menjadi orang yang sukses atau berhasil tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Semua itu membutuhkan tekad yang kuat serta usaha dan perjuangan keras. Proses berliku akan selalu kita temui. Pengorbanan waktu, tenaga, maupun pikiran sudah menjadi hal lumrah.

Seperti kata pepatah "berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian". Ungkapan ini sangat pas untuk menggambarkan betapa beratnya proses menuju kesuksesan. Tetapi jika dibarengi dengan kemauan tentulah hasilnya tidak mengecewakan.

Apapun yang terjadi di dunia ini pastilah memiliki arti serta kunci untuk membukanya. Ibarat sebuah pintu yang hanya bisa dibuka menggunakan kunci, begitupun "kesuksesan" juga sama, memiliki kunci untuk mencapainya.

1.Dimulai dari niat.

Niat (keinginan) yang besar sangat berperan penting di sini. Jika sejak awal kamu sudah memiliki keinginan atau niat yang kuat dan semangat menggebu, apapun rintangan ke depan pasti akan mudah dilalui.

2.Kenali potensimu.

Dalam hal ini kamu harus mengetahui hal-hal apa saja yang kamu suka dan tidak suka. Jangan pernah mengerjakan sesuatu yang bukan menjadi keahlian karena jika itu dilakukan, kamu hanya akan menemukan kegagalan.

3.Disiplin.

Kalau sudah faham apa yang menjadi keahlian lalu kemudian menekuninya, selanjutnya terapkan sikap "disiplin". Disiplin itu sangat penting, kamu harus bisa menjadi pribadi yang "terorganisir", dalam artian kamu selalu tepat waktu dalam segala hal. Contohnya jikakamu diberi tugas oleh atasan untuk menyelesaikan suatu proyek, maka selesaikan tugas itu dengan cepat dan serapi mungkin. Dengan begitu atasanmu akan senang dan bukan tidak mungkin kamu akan diberikan posisi terbaru di kantor.

4.Jangan malas.

Logikanya, "seekor ayam" pun akan bangun di pagi hari untuk mencari makan dari matahari terbit hingga terbenam. Ia tak kenal lelah mencari apa saja yang dapat dimakan. Jika hewan saja bisa seperti itu, apalagi kita sebagai manusia yang dilengkap dengan "otak". Ingin sukses? Ya itu berarti kamu harus rajin. Mustahil uang dan makanan akan turun sendiri dari langit. Begitupun di dalam dunia persaingan untuk mencapai kesuksesan. Putar otak agar selalu produktif setiap hari.

5.Memotivasi diri sendiri.

Awali pagimu dengan memotivasi atau memberi semangat untuk dirimu. Seperti misalnya hari ini aku bisa! Tidak ada yang dapat menghalangiku untuk mencapai kesuksesan! Aku adalah seorang pemenang! Mudah, bukan? Jika hal ini kamu terapkan terus menerus maka energi positif akan mengalir dengan sendirinya dan membangun semangat dalam bekerja.

6.Belajar dari kesalahan.

Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan, tak ada satupun dari kita yang sempurna.Jika di awal karir kamu banyak menemui jalan buntu, kurang semangat, dan sering menemui kegagalan maka segeralah bangkit untuk menemukan kesalahan-kesalahan itu dan memperbaikinya. Dengan catatan jangan mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

7.Jangan pernah menyerah.

Menjadi sosok yang tegar tak pantang menyerah itu perlu untuk mencapai kesuksesan dalam berkarir. Kamu harus memiliki pola pikir dan tubuh yang tahan banting di segala kondisi. Serta mencintai pekerjaan dan berdedikasi penuh untuknya.

8.Selalu berdoa.

Kunci terakhir dan yang paling penting yaitu doa. Kekuatan doa itu sungguh sangat luar biasa. Berdoa adalah dialog langsung antara seorang Hamba dan Tuhannya. Di dalamnya kita bisa meminta apapun, termasuk kesuksesan dalam meniti karir. Memohon untuk selalu dilancarkan dan dibukakan jalan untuk mencapai kesuksesan. Bagaimanapun, manusia hanya bisa berencana, tetapi Tuhan lah yang menghendaki apakah kamu gagal atau mendapat keberhasilan di masa depan.

Itulah beberapa kunci sukses dalam meniti karir. Tetap semangat dan teruslah berjuang, teman-teman.