×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 5 kelebihan manajemen sistem informasi di apotek

0

N/A

Ini 5 kelebihan manajemen sistem informasi di apotek

Ilustrasi obat / Foto: Anna Shvets dari Pexels

Dengan adanya manajemen sistem informasi, apotek diharapkan bisa mendukung pelayanan kefarmasian yang lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

rahwana ade

03 / 09 / 2020 13:35

Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ilmu pengetahuan dan teknologi ini tidak bisa dipisahkan lagi karena sudah menjadi kebutuhan bagi setiap kalangan masyarakat. Hal inilah yang menjadi pendukung keberlangsungan hidup manusia, khususnya dalam membantu kinerja untuk suatu perusahaan ataupun instansi. Utamanya pada proses pengolahan data, penyajian data, maupun pengambilan keputusan dan penyampaian informasi.

Dengan begitu teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan di kalangan perusahaan, instansi maupun sekolah, kini menjadi bagian penting untuk penyelenggaraan kesehatan di Indonesia. Sebagai contoh yaitu apotek.

Apotek diharapkan dapat menerapkan teknologi untuk melayani masyarakat dengan semaksimal mungkin. Maka dari itu, demi mendorong berkembangnya sistem pelayanan kesehatan, apotek juga harus melakukan perbaikan di berbagai aspek. Salah satu yang perlu diperbaiki yaitu dengan menggunakan sistem komputerisasi ataupun sistem manajemen informasi dari berbagai stok obat, penjualan obat, dan adanya laporan guna untuk memberikan pelayanan yang tepat sasaran, cepat, dan efisien.

Penerapan sistem apotek di sini termasuk sistem informasi dengan pencatatan obat maupun alat kesehatan. Dengan menggunakan sistem informasi manajement apotek, semua aktivitas di apotek mulai dari pencatatan dan penjualan ke pasien akan terekam dalam database sehingga stok untuk opname dapat dilakukan dengan real time, yaitu secara otomatis.

Diharapkan melalui sistem informasi manajemen di apotek akan memberikan kemudahan dalam pengolahan barang yang dijual maupun tersedia. Mengingat bahwa menggunakan pengolahan data yang manual tidak efektif sebab sangat banyak data barang di apotek. Diharapkan juga proses managerial dengan sistem informasi akan memudahkan pengelolaan apotek dalam menghadapi keputusan yang tepat guna agar berkembang dan makin maju.

Loading...

Berikut ini merupakan kelebihan yang ditawarkan untuk pengelolaan dengan menggunakan sistem informasi manajemen.

1. Meminimalisirnya kejadian kosongnya stok barang dengan selalu memantau stok obat maupun alat kesehatan yang ada di apotek.

2. Waktu yang singkat dengan menggunakan aplikasi kasir apotek untuk melayani transaksi dengan pembeli. Dan secara langsung mencatat barang yang keluar dari apotek di data stok barang.

3. Menggunakan pelayanan informasi obat di mana pembeli dapat mengetahui informasi- informasi penting pasien melalui obat ataupun alat kesehatan yang dibeli.

4. Penyajian data yang lebih akurat tentang obat ataupun barang yang perlu disediakan dalam jumlah yang sesuai kebutuhan konsumen, sehingga sangat mempermudah bagi pengelola apotek untuk mengambil suatu keputusan

5. Di sini apoteker juga dapat membantu konsumen untuk informasi obat dan konseling, maupun memberikan kesempatan bagi apoteker dalam menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional.

Dengan begitu sistem informasi manajemen apotek bisa menjadi suatu sistem yang diorganisasikan dengan pengumpulan data, pelaporan, dan pengambilan keputusan yang bisa diterapkan di apotek lainnya. Sehingga apotek bisa mendukung pelayanan kefarmasian yang lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran. 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red