×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 4 dampak negatif dari letusan gunung berapi

0

Serius

Ini 4 dampak negatif dari letusan gunung berapi

Yuk, waspada akan bencana alam.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fathan Haidar

30 / 07 / 2019 11:47

Erupsi Gunung Tangkuban Perahu yang baru saja terjadi menyebabkan kepulan asap vulkanik yang sangat tinggi dan menyeramkan. Apalagi jika mengingat berbagai kejadian gunung meletus yang lumayan sering terjadi di Indonesia dan menimbulkan banyak korban dan kerugian. Lantas, apa saja sih dampak dari letusan gunung berapi?

1. Abu vulkanik yang merusak.

Ketika letusan atau erupsi pada gunung berapi terjadi, akan muncul abu dan juga awan panas yang menyebar ke berbagai penjuru. Awan panas ini dapat dengan mudah menghancurkan makhluk hidup yang bersentuhan dengannya. Makhluk hidup yang terkena abu vulkanik biasanya akan mengering hingga mengeras lalu mati.

2. Pencemaran udara.

Selain panas dan merusak, abu vulkanik yang keluar dari gunung berapi juga mengeluarkan zat-zat yang dapat mencemari udara seperti hidrogen sulfida (H2S), sulfur dioksida (SO2), nitrogen dioksida, dan material debu yang kemungkinan mengandung racun. Apabila manusia dan hewan menghirupnya terlalu banyak dapat menimbulkan gangguan pernapasan dan juga penyakit yang mematikan.

Loading...

3. Melumpuhkan kegiatan masyarakat sekitar.

Dikarenakan membahayakan, maka sering kali warga sekitar diharuskan mengungsi dan mencari tempat berlindung ketika gunung api meletus. Mereka terpaksa meninggalkan rumah, peternakan, perkebunan, warung dan juga segala kegiatan mereka. Sering kali hal-hal tersebut menimbulkan kerugian dan juga matinya perekonomian warga di sekitar kampung tersebut.

4. Lahar panas yang mengancam ekosistem.

Lahar panas yang keluar dari mulut gunung berapi dapat dengan mudah membunuh hewan dan juga tumbuhan di sekitar gunung. Hewan-hewan yang tidak sempat melarikan diri akan habis terbakar oleh lahar panas, dan bagi hewan yang selamat akan kebingungan mencari tempat tinggal yang baru karena ekosistem mereka telah rusak.

Itu adalah sebagian dari bahaya dan dampak negatif dari meletusnya gunung berapi. Bencana alam yang menimpa manusia sering kali adalah teguran bagi kita manusia yang rakus dan telah merusak alam untuk kepentingan kita sendiri. Ayo bersama kita jaga alam kita agar alam juga menyayangi kita.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red