×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 3 syarat agar sebuah cafe dicap cozy oleh mahasiswa

0

N/A

Ini 3 syarat agar sebuah cafe dicap cozy oleh mahasiswa

Ada standar yang harus dipenuhi sebuah cafe agar memiliki daya tarik bagi mahasiswa dan dicap sebagai cafe yang cozy atau nyaman.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rizky Derian B

10 / 10 / 2019 13:03

Nongkrong di cafe merupakan hal yang biasa dilakukan mahasiswa, dari yang pencinta kopi sungguhan sampai sekadar ikut-ikutan, dari yang nugas sampai mencari gebetan. Nah, kira-kira apa sih standar yang harus dipenuhi sebuah cafe agar memiliki daya tarik bagi mahasiswa dan dicap sebagai cafe cozy? Berikut sudah penulis rangkum beberapa syarat agar sebuah cafe dicap cozy oleh mahasiswa.

1. Ada harga minuman di bawah Rp20 ribu.

Kenapa penulis langsung bahas harga? Karena bagi sebagian mahasiswa yang berstatus “anak rantau” (termasuk penulis), pasti yang dilihat pertama kali kalau ke cafe adalah daftar harga menunya. Maklum, sebagian mahasiswa hanya diberi uang bulanan untuk makan di burjo (tempat makan murah seperti warteg). Syukurnya, sekarang sudah banyak cafe atau coffe shop yang menyediakan menu minuman di bawah Rp20 ribu yang biasanya bertajuk “kopi susu”. Tak apa deh memesan menu dasar, yang penting gak nongkrong sama air mineral doang.

2. Wifi.

Wifi sekarang ini sudah bukan jadi fasilitas mewah seperti dulu karena di ruang publik pun sekarang sudah ada wifi. Bahkan, beberapa burjo di Jogja sudah melengkapi warungnya dengan fasilitas ini. Maka, bila sekelas cafe atau coffee shop tidak ada fasilitas wifi, cepat atau lambat pasti akan ditinggalkan. Menurut pengalaman penulis, ada beberapa cafe yang setiap ditanya mengenai keberadaan wifi jawabannya sering kali edang rusak. Akhirnya penulis meninggalkan cafe tersebut dan tidak merekomendasikannya ke teman-teman di kampus. Jadi, wifi sangat berpengaruh!

Loading...

3. Menunjang buat mengerjakan tugas.

Menurut pengamatan penulis, pengunjung cafe adalah pekerja keras. Dimulai dari yang ngerjain tugas kuliah, sampai bahas project kelas kakap. Pada sub-topik ini penulis sudah merangkum tiga hal yang bisa menambah kenyamanan pengguna cafe untuk mengerjakan tugasnya, yaitu:

- Banyak colokan.

Fasilitas dasar yang wajib banget diterapkan di cafe karena sebagian besar laptop mahasiswa baterainya bermasalah atau memang perlu mengerjakan tugas dalam waktu yang lama. Sehingga kebayang kan betapa malasnya mahasiswa kalau diajak ke cafe yang pelit colokan, apalagi kalau sudah dikejar deadline, pasti gak mau nongkrong di cafe itu.

- Meja tidak goyang.

Sebetulnya ini masalah kecil, tapi kalau sampai kejadian dijamin bakal diomongin ke teman lainnya karena akan sangat mengganggu ketika sedang asyik mengetik lalu mejanya goyang dan minuman bisa saja tumpah, apalagi sampai kena laptop. Dijamin bakal kapok untuk mengerjakan tugas di sana lagi.

- Pencahayaan memadai.

Kadang tugas yang digarap mahasiswa tidak menggunakan laptop, bisa berupa laporan praktik yang ditulis tangan sampai menggambar bagi mahasiswa desain. Jadi, cafe yang redup pasti langsung dijauhi oleh mahasiswa dengan tipe di atas.

- Estetika.

Poin yang terakhir adalah estetika. Sebetulnya nilai tentang estetik atau tidaknya suatu tempat itu subjektif. Tapi biasanya mahasiswa punya syarat tersendiri untuk membedakan mana yang estetik dan tidak, seperti tata letak kursi dan meja yang teratur, space yang memadai, warna yang sejuk, tersedia vegetasi alami, ada hiasan tanaman hidup di dalam ruangan, dan lain sebagainya. Biasanya, cafe yang estetik bakal lebih laku dan yang tertarik adalah dari kalangan mahasiswa desain sampai pencinta selfie.

 





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red