×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 3 alasan mengapa kamu perlu punya buku catatan

0

N/A

Ini 3 alasan mengapa kamu perlu punya buku catatan

Bagi orang yang kreatif, buku catatan adalah sesuatu yang sangat penting lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hasni Husaini

31 / 10 / 2018 13:55

Apa kamu punya buku catatan atau diary? Kalau kamu punya, itu hal yang bagus. Tapi kalau kamu tidak atau belum punya, mungkin ada baiknya jika kamu membuat buku catatan mulai sekarang. Terlebih jika kamu ingin jadi orang yang kreatif, maka buku catatan adalah sesuatu yang penting untuk kamu.

Buku catatan tidak melulu harus berbentuk buku secara fisik. Sebab, di era perkembangan teknologi sekarang, kamu juga bisa membuat buku catatan di smartphone, laptop, atau komputer milikmu.

Ngomong-ngomong, kenapa sih kamu perlu memiliki buku catatan? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Buku catatan adalah sarana untuk menampung gagasan atau ide.

ide

Loading...

foto: kajianpustaka.com

Kamu yang punya buku catatan harian atau diary, mungkin sering menuliskan pengalaman hidupmu atau quotes yang menarik. Sedangkan orang-orang yang kreatif akan menambahkan ide-ide ke dalam buku catatannya. Karena bagi orang kreatif, ide adalah sesuatu yang sangat berharga.

Hector Berlioz, seorang komposer Prancis pada zaman Romantik, pernah berkata, "Semua komposer tahu, bagaimana sedih dan sakitnya kehilangan gagasan lantaran lupa mencatat."

Kutipan di atas memang benar adanya. Dan tidak hanya berlaku untuk komposer saja. Melainkan juga berlaku untuk siapapun yang berpikiran kreatif. Mungkin, kamu bisa saja mengingat ide yang tiba-tiba muncul di kepalamu. Tapi dengan banyaknya aktivitas yang kamu lakukan, ada juga kemungkinan kamu akan melupakan idemu itu. Nah, di sinilah pentingnya buku catatan. Maka dari itu, catatlah semua ide yang terpikir olehmu ke dalam buku catatan. Dengan begitu, kamu tidak akan kehilangan ide-ide kreatifmu yang berharga.

 

2. Meningkatkan kemampuan untuk mengingat.

ingat

foto: makassar.tribunnews.com

Seperti yang dikatakan di atas, kamu bisa mencatat pengalaman hidup, quotes, ide atau apapun di buku catatan. Mungkin hal itu kelihatannya hanya seperti memindahkan apa yang kamu pikirkan ke dalam catatan. Padahal, kenyataannya lebih dari itu.

Dengan mencatat hal-hal penting yang kamu pikirkan ke dalam catatan, justru kemampuan memori kamu akan meningkat. Karena, pada saat mencatat, kamu tidak hanya sekadar mencatat. Melainkan juga mengingat detil-detil dari apa yang kamu catat.

Dan hebatnya adalah kamu akan mampu mengingat apa yang kamu catat meskipun kamu sudah lama mencatatnya. Misalnya saja, kamu mencatat tentang hadiah kejutan yang diberikan oleh temanmu. Saat kamu membaca kembali catatanmu itu beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian, kamu akan dapat mengingat cukup jelas peristiwa itu. Bahkan, kamu pun bisa mengingat emosimu dan bagaimana keadaan sekelilingmu pada saat itu.

 

3. Mengembangkan kreativitas dan daya imajinasi.

kreativitas

foto: sekolahpendidikan.com

Dengan teknologi yang semakin maju, kamu bisa mengabadikan momen yang terjadi dalam bentuk rekaman video. Tapi, mencatat kejadian dalam buku catatan tetaplah kegiatan yang menarik. Karena kamu pasti membayangkan kejadian atau ide saat kamu mencatat.

Jika kamu menuliskan sesuatu yang telah terjadi, maka di benakmu akan tergambar bagaimana kronologi kejadian saat itu. Dan jika kamu menuliskan ide, maka kamu akan membayangkan bagaimana visualisasi dari idemu itu. Sehingga, kreativitas dan daya imajinasimu akan semakin berkembang.

Buku catatan memang sesuatu yang cukup penting. Malahan, bagi orang-orang kreatif, buku catatan adalah sesuatu yang termasuk kategori sangat penting. Karena di dalam buku catatan itulah orang-orang kreatif menyimpan sementara ide-idenya, untuk kemudian mereka wujudkan ke dunia nyata.

Jadi, bagaimana menurut pendapatmu? Penting juga untuk memiliki buku catatan, bukan?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red