×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ingin kerja di bidang berbeda dengan jurusan kuliah? Simak 3 tips ini

0

Komunitas

Ingin kerja di bidang berbeda dengan jurusan kuliah? Simak 3 tips ini

Kalau kamu ingin kerja di bidang yang berbeda dengan jurusan kuliahmu, coba baca artikel ini terlebih dulu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rizka Nurul Wahidah

18 / 04 / 2019 11:15

 

Pernah gak sih kamu merasa salah jurusan kuliah? Mungkin kamu baru sadar kalau passion dan karier impianmu tidak sejalan dengan program studi saat kuliah? Atau kamu memang punya keinginan untuk kerja di bidang yang beda dengan jurusan kuliahmu? Wajar kok! Faktanya prospek karier dan jurusan kuliah tidak mesti sejalan, asal kamu tahu cara menemukan dan mengasah keterampilan yang tepat.

Setiap orang tentu memiliki alasan mengapa mereka butuh untuk cari kerja yang lebih sesuai dengan nilai yang mereka anut dan outcome yang mereka harapkan. Kini, saatnya kamu mulai memikirkan, hal apa yang sebenarnya kamu nilai pantas untuk dikejar, apakah itu keluarga atau waktu pribadi, dll.

1. Cari tahu keterampilan dan kualifikasi apa yang kamu butuhkan.

Ingin kerja di bidang berbeda dengan jurusan kuliah? Simak 3 tips ini

Loading...

Nyatanya memilih kandidat untuk dijadikan karyawan tetap maupun magang tidak sekadar dilihat dari latar belakang pendidikan saja. Ada sejumlah kriteria lain yang jadi bahan pertimbangan, salah satu kunci yang paling penting yaitu skills. Tidak peduli kamu berasal dari jurusan apa, keterampilan dan pengalaman yang relevan merupakan jaminan penting yang bisa membawa kamu ke tahap selanjutnya, yaitu wawancara.

 

2. Dedikasikan waktumu untuk belajar dan eksplor kegiatan baru.

Ingin kerja di bidang berbeda dengan jurusan kuliah? Simak 3 tips ini

Merasa tidak cocok dengan bidang yang kamu coba? Jangan pernah lihat itu sebagai ‘waktu yang terbuang’ karena setidaknya kamu jadi paham kalau bidang tersebut tidak cocok denganmu. Selain kursus, kamu juga bisa mengasah skills dengan mencoba program magang di berbagai perusahaan.

 

3. Pikirkan beberapa alternatif pekerjaan.

Ingin kerja di bidang berbeda dengan jurusan kuliah? Simak 3 tips ini

Memiliki tujuan yang jelas adalah sesuatu yang sangat penting. Namun, tidak berarti rencana cadangan tidak dibutuhkan. Kamu dapat mulai dengan mencari pekerjaan berdasarkan hal–hal yang kamu suka untuk lakukan. Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari pekerjaan yang kamu sukai di job portal yang dapat dengan mudah kamu akses melalui internet. Yang terakhir, kamu dapat mencari informasi mengenai pekerjaan melalui network yang kamu punya di perusahaan-perusahaan yang ada. Oleh sebab itu, selagi ada kesempatan, bangunlah network seluas-luasnya.

Jadi kamu bisa saja melamar ke pekerjaan yang bidangnya berbeda dengan jurusan kuliah asal kamu punya keterampilan yang tepat.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red