×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ingin cepat 'move on' dari nganggur? 5 pekerjaan ini cocok kamu coba

0

Ekonomi

Ingin cepat 'move on' dari nganggur? 5 pekerjaan ini cocok kamu coba

Kamu bisa melakukan semuanya atau memilih salah satu pekerjaan ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Eka Mariana

16 / 04 / 2019 10:08

Lulus kuliah langsung memperoleh pekerjaan merupakan satu hal yang sangat diimpikan oleh para sarjana freshgraduate. Namun bagaimana jika masih menganggur, padahal sudah melamar di berbagai perusahaan lembaga dan sejenisnya, tidak pernah absen dari acara job fair, serta telah mengikuti tes dan interview. Hal ini wajar dialami oleh para sarjana freshgraduate lantaran kurang seimbangnya antara jumlah lapangan kerja yang ditawarkan dengan jumlah para pencari kerja. Selain itu, kurangnya pengalaman yang dimiliki sehingga sarjana freshgraduate kalah saing dengan yang sudah berpengalaman. Meskipun demikian, kamu jangan berputus asa, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang dan mengisi hari dengan lebih produktif. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Pekerja lepas.

freelane

Pekerja lepas atau Freelance merupakan pekerjaan yang tidak terikat dengan kontrak dan tidak dibatasi oleh jam kerja sehingga freelance menjadi salah satu pekerjaan yang sangat diminati baik para pelajar, mahasiswa, ataupun karyawan. Berbagai macam jenis freelance ditawarkan oleh situs online dan terpercaya seperti Upwork, Freelancer, Sribulancer, project, Sribu, Ruangguru. Dalam website tersebut ada banyak pekerjaan yang dapat kamu coba, di antaranya desain grafis, web desaigner, digital marketer, penulis lepas dll. Tidak ada salahnya untuk kamu coba, siapa tahu cocok.

 

Loading...

2. Dropshipper.

Dropshiper

Alternatif lain yang dapat kamu lakukan yaitu menjadi dropshipper. Dalam sistem ini kamu tidak perlu stok barang, packing dan pengiriman karena semuanya akan dilakukan oleh supplier. Selain itu rincian produk dan foto produk juga telah disediakan. Kamu hanya perlu  mencari dan mengelola konsumen yang memesan. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menjadi dropshipper yaitu pilih supplier yang terjamin kualitasnya, pahami produk yang akan kamu jual, dan lakukan cek ongkos kirim ketika ada pemesanan.

 

3. Reseller.

reseller

Berbeda dengan dropshiper, ketika kamu memilih menjadi reseller maka dibutuhkan modal yang cukup. Karena pada sistem reseller kamu diwajibkan untuk membeli produk pada jumlah tertentu dengan harga yang sudah memperoleh potongan per produknya. Sebelum memulai menjadi reseller pastikan produk yang akan kamu jual terpercaya dan diminati banyak orang.

 

4. Online Shop.

online shop

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah online shop. Jualan online jauh lebih luas jaringannya daripada jualan offline. Namun sebelum berjualan online temukan passion kamu terlebih dahulu. Jangan asal ngetrend atau melihat lapak orang lain laris ikut jualan. Hal ini akan sangat membebani kamu ketika tidak laku di pasaran. Setelah menemukan passion kamu, fokuskan pada satu kategori produk agar mudah dikenal konsumen. Setelah itu konsentrasikan pada salah satu channel penjualan seperti instagram, facebook shopee, tokopedia, buka lapak dan sejenisnya. Yang paling penting adalah action, tidak perlu terlalu banyak mikir terlalu lama yang nantinya memunculkan keraguan.

 

5. Les privat.

Ingin cepat 'move on' dari nganggur? 5 pekerjaan ini cocok kamu coba

Les privat dapat menjadi salah satu alternatif di mana kamu dapat membagikan ilmu yang kamu peroleh kepada orang lain. Saat ini, guru les privat sangat dibutuhkan banyak orang. Apalagi di daerah perkotaan di mana rata-rata orang tua tidak mempunyai waktu untuk membimbing anaknya belajar ataupun kurikulum belajar yang semakin sulit. Jasa les privat saat ini juga beragam baik itu untuk mata pelajaran, musik  olahraga, tari-tarian dll. kamu hanya perlu memberikan metode belajar yang cocok untuk masing-masing anak agar materi yang kamu sampaikan dapat dipahami.

Dari berbagai pekerjaan yang telah diuraikan, tidak ada salahnya untuk dicoba siapa tahu cocok dan sesuai dengan passion kamu.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red