×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ingat, jangan buang 5 benda ini ke dalam saluran air

0

Rumah

Ingat, jangan buang 5 benda ini ke dalam saluran air

Ada beberapa benda yang tidak boleh dibuang ke dalam saluran air karena akan membuat tersumbat atau mencemari lingkungan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

24 / 12 / 2020 09:45

Saat mencuci piring atau gelas, terkadang terdapat sisa makanan atau benda lainnya. Kadang-kadang karena malas atau sebab lainnya kamu memilih membuang sisa makanan atau benda lain ke dalam saluran air.

Padahal ada benda-benda yang tidak boleh kamu buang ke dalam saluran air karena akan membuat tersumbat atau mencemari lingkungan.

1. Ampas kopi.

Ingat, jangan buang 5 benda ini ke dalam saluran air

Foto: kopitop.com

Loading...

Terkadang ampas kopi yang masih tersisa di cangkir kopi langsung kamu buang ke saluran air pada bak cuci. Jika kamu lakukan terus-menerus, ampas kopi bisa menumpuk dan menyumbat saluran air.

Daripada dibuang, lebih baik ampas kopi dimanfaatkan untuk pupuk tanaman yang menyuburkan tanah atau bahan mengusir serangga di rumah.

2. Sisa tepung dan adonan.

Ingat, jangan buang 5 benda ini ke dalam saluran air

Foto: fooddetik.com

Saat membuat kue, tentu akan terdapat sisa tepung dan adonan. Sebelum mencuci peralatan, buang terlebih dahulu sisa tepung atau adonan ke tempat sampah.

3. Sisa minyak dan lemak.

Ingat, jangan buang 5 benda ini ke dalam saluran air

Foto: rukita

Saat selesai masak, tentu terdapat sisa minyak dan lemak di penggorengan ataupun panci. Jangan membuang sisa minyak dan lemak ke saluran air karena bisa mengeras dan menyebabkan saluran air menjadi tersumbat.

Selain itu jangan membuang sisa minyak dan lemak langsung ke tempat sampah. Biarkan sisa minyak sampai mendingin atau membeku, kemudian tuangkan ke dalam wadah bekas sekali pakai, seperti kotak bekas wadah susu. Kemudian bungkus dengan plastik dan buang ke tempat sampah. Saat mencuci piring atau peralatan makan yang berminyak atau berlemak, bersihkan dulu menggunakan tisu dapur sebelum dicuci.

4. Obat-obatan.

Ingat, jangan buang 5 benda ini ke dalam saluran air

Foto: halodoc

Obat-obatan mengandung senyawa kimia. Jika dibuang ke saluran air bisa mencemari lingkungan. Obat-obatan berbentuk kapsul atau pil, jika dibuang ke saluran air juga bisa membuat tersumbat.

Buanglah obat-obatan ke tempat sampah. Sebelum membuangnya masukkan ke dalam plastik dan dicampur dengan tanah. Jangan lupa hilangkan informasi yang tertera pada kemasan obat, terutama obat yang didapatkan dengan resep dokter.

5. Cairan pembersih.

Ingat, jangan buang 5 benda ini ke dalam saluran air

Foto: alatkesehatan.id

Setelah membersihkan rumah dengan cairan pembersih. Biasanya kamu akan langsung membuang ke saluran air, kan? Cairan pembersih mengandung senyawa kimia di dalamnya. Jika ingin membuang cairan pembersih ke saluran air, sebaiknya harus dilarutkan dengan air atau dibuang bersama air yang banyak, dan tidak boleh dicampur dengan zat yang mengandung amonia. Hal ini dilakukan untuk mencegah pencemaran lingkungan, seperti membahayakan air atau hewan di sekitar tempat tinggalmu.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red