Membahasa tentang sepak bola tak akan ada habisnya. Mulai dari kehidupan di lapangan sampai kehidupan pribadi. Termasuk tentang pesepak bola terkenal di eranya di tahun 2000an yang bernama Fransesco Totti.

Sosok pemain yang lahir di 27 september 1976 ini begitu fenomenal di masanya sampai klub besar seperti Real Madrid terpukau dengan penampilannya dan bersedia membeli Francesco Totti dengan harga tinggi.Namun, Real madrid harus gigit jari untuk mendapatkan Fransesco Totti karena loyalitas tanpa batas yang dipersembahkan hanya untuk satu tim di mana dia dibesarkan, yaitu AS.Roma.

Francesco Totti, Il Capitano yang setia

Di masanya, pemain ini begitu menakutkan lawan karena memiliki passing yang terarah, tendangan yang keras serta cara untuk mengecoh lawan. Kharismanya menjadi jenderal di lapangan hijau memimpin Serigala Roma patut diwaspadai.

Di tahun 2000/2001 pada pentas Serie A Italia, As Roma berhasil menjadi juara berkat penampilan yang impresif.Berbagaigelar juara sudah dirasakan Fransesco Totti, mulai dari juara Seri A Italia, Coppa Italia, Top skor Seri A, Sepatu Emas Eropa di 2006, hingga puncaknya mengangkat trofi Piala Dunia 2006 di Jerman dan masih ada beberapa prestasi lain yang diraihnya yang tak disebutkan.

Meskipun berbagai prestasi sudah dirasakan dan walaupun tak pernah menjuarai Liga Champions Eropa, ternyata pemain ini tetap setia dengan klub yang membesarkan namanya selama 28 tahun. Sampai masa pensiunnya di 2017, Fransesco Totti menutup pidato perpisahan di pertandingan terakhir dengan haru kepada semua Romanisti.