×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ikan membeku hidup kembali, fakta atau hoax ya? Ini penjelasannya

0

Wow

Ikan membeku hidup kembali, fakta atau hoax ya? Ini penjelasannya

Ada penjelasan yang cukup masuk akal.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erlano Putra

31 / 08 / 2018 11:54

Akhir-akhir ini video fenomena ikan yang sudah beku hidup kembali jadi viral. Dalam video tersebut terlihat sebuah ikan yang sudah beku dan dimasukkan dalam air bisa hidup kembali. Video tersebut mendapat banyak tanggapan. Ada yang menyatakan hoax, banyak juga yang mengatakan hal itu nyata.

Ada penjelasan yang cukup masuk akal dimana ikan yang dibekukan bisa hidup kembali. Hal itu tak bisa dipisahkan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Sebuah video mengenai teknis pembekuan ikan bisa menjadi salah satu buktinya. Silahkan dicari di Youtube video soal pembekuan ikan. 


Di zaman sekarang ini, kebutuhan ikan segar sebagai bahan makanan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya populasi manusia. Di beberapa lokasi yang terhitung kurang jumlah pasokan ikan ataupun yang memiliki lokasi jauh dari laut tentunya membutuhkan pasokan ikan dalam jumlah yang cukup banyak. Hanya saja terkadang jarak yang terlalu jauh dan medan berat membuat proses pengiriman ikan tersendat dan membuat ikan yang segar menjadi mati dan tidak sedap untuk dikonsumsi.

Ikan beku. (Erabaru.net)

Loading...

Pelaku usaha pun mencari cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dari sekian banyak penyelesaian yang bisa ditempuh untuk solusi dari masalah tersebut adalah dengan mengirimkan ikan dalam bentuk hidup. Meskipun demikian, proses pengiriman ikannya justru akan bertambah sulit dan juga kemungkinan ikan mengalami kematian juga cukup tinggi.

Berbicara mengenai hal tersebut anda bisa melihat sebuah video di youtube yang menunjukkan jika ikan ternyata bisa dibekukan dengan suhu maksimal pembekuan minus 35 derajat. Dalam suhu yang dingin tersebut ikan akan membeku dan mengalami mati suri. Ikan tidak akan mati dalam kondisi tersebut, sebab ikan diketahui memiliki protein anti beku yang menjaganya tetap hidup.

Dengan melakukan mekanisme pembekuan tersebut ikan akan tetap segar dan terjaga untuk tidak mati. Mekanisme pembekuan yang dilakukan ini bahkan dipercaya dapat mempertahankan kesegaran ikan dengan sangat baik, bahkan dengan waktu yang relatif sangat lama, yakni 2 tahun. Meskipun dengan catatan ikan harus berada dalam kondisi yang stabil dan dalam suhu yang juga telah diatur sedemikian rupa.

Ikan hidup lagi. (Erabaru.net)

Dengan kondisi mati suri dan beku tersebut anda tinggal kembali memasukkan ikan ke dalam air dengan suhu normal ruangan, maka ikan yang sudah beku tersebut kemudian akan kembali hidup dan berenang seperti biasanya. Ajaibnya ikan kembali hidup dalam kondisi normal seperti sebelum ia dibekukan. Dengan menggunakan mekanisme pembekuan maka tidak akan ada perubahan samasekali yang terjadi dengan ikan tersebut, baik secara tekstur daging ikan ataupun secara rasa dari daging itu sendiri.

Teknis pembekuan pun dilakukan dengan sebuah mesin dan satu buah wadah berisi air yang sangat dingin dengan tingkat suhu minus 35 derajat. Begitu ikan dimasukan dalam wadah tersebut, maka ikan akan langsung berubah membeku, persis seperti dimasukan ke dalam mesin pendingin/pembeku atau freezer. Anda akan melihat lapisan es membuat ikan tidak bergerak dan terlihat seperti sudah mati.

Sangat menakjubkan sekali bukan teknik pembekuan ikan satu ini. Sehingga, video ikan yang membeku seperti mati dan bisa hidup kembali ketika dimasukkan ke dalam air merupakan kejadian nyata. Bukan hoax!Jika masih belum percaya, silahkan dicoba sendiri.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red