Tidak sedikit pasangan yang harus menjalani hubungan jarak jauh atau biasa disebut dengan LDR (Long Distance Relitionship). Harus diakui bahwa hubungan jarak jauh memang sulit dilalui. Bahkan ada yang beranggapan bahwa hubungan jarak jauh tidak akan bertahan lama dan akan hancur di tengah jalan.

Sebenarnya hubungan jarak jauh juga bisa menjadi hubungan yang menyenangkan dan langgeng. Buat kamu yang sedang menjalani hubungan jarak, jauh hindari melakukan hal-hal berikut ini.

1. Hanya mengandalkan satu medium komunikasi.

Buat kamu yang sedang menjalani hubungan jarak jauh, sebisa mungkin hindari mengandalkan satu medium komunikasi. Kamu bisa menggunakan medium lain untuk berkomunikasi.

Banyak medium yang bisa kamu gunakan untuk menghubungi pasanganmu. Mengandalkan satu medium komunikasi hanya akan membuat komunikasimu dengan si dia menjadi terhambat.

2. Membandingkan hubunganmu dengan hubungan orang lain.

Dengan membanding-bandingkan hubunganmu dengan orang lain hanya akan membuatkalian menjadi lebih jauh dan tidak nyaman. Membanding-bandingkan hubungan dengan orang lain juga merupakan salah satu faktor keretakan dalam hubungan kalian.

Setiap hubungan memiliki keunikan, kelemahan, serta kekurangannya tersendiri. Jika dalam kasusmu kekuranganmu adalah jarak, bukan berarti hubunganmu tidak sehat.

3. Berbohong.

Kepercayaan adalah salah satu fondasi yang sangat penting dalam sebuah hubungan jarak jauh. Fondasi itu bisa hancur dengan mudah hanya dengan satu kebohongan.

Kejujuran merupakan salah satu kunci dalam sebuah hubungan. Sebab saat kamu sudah menghancurkan kepercayaan pasanganmu dengan kebohongan yang kamu buat, itu akan membuat pasanganmu kehilangan kepercayaannyaterhadap dirimu.

4. Menghindar saat berada di tengah argumen.

Selesaikan argumen dengan baik-baik. Jangan menghindar saat berada di tengah-tengah argumen. Karena sering kali argumen yang tak terselesaikan menjadi penyebab kandasnya sebuah hubungan.

5. Egois soal waktu.

Dalam hubungan jarak jauh waktu merupakan salah satu kendala bagi kedua belah pihak. Apalagi saat kalian berada di zona waktu yang berbeda. Kalian harus mengorbankan beberapa hal hanya untuk berbicara satu sama lain.

Maka dari itu berkompromi dalam hal waktu bisa menjadi hal yang penting dalam sebuah hubungan. Bicarakanlah dengan si dia kapan waktu yang tepat untuk berhubungan, bisa melalui berbagai macam medium seperti, SMS, telepon ataupun video call.