Bali terkenal sebagai destinasi terfavorit se-Asia yang wajib dikunjungi turis mancanegara. Bagaimana tidak, hampir disetiap belahan kotanya telah dijadikan sarana wisata menarik yang memanjakan mata. Tentu saja pantai menjadi destinasi yang paling terkenal dari Bali.

Eits, jangan salah. Sebenarnya ada berbagai macam wisata yang bisa kamu kunjungi jika bosan dengan pemandangan selain pantai. Salah satunya adalah Hidden Green Canyon.


Tebing Hijau ini berlokasi di Undisan Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Bangli adalah salah satu wilayah kabupaten yang tidak memiliki pantai di Bali. Dalam peta wisata, Bangli termasuk kawasan Bali tengah. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang suka wisata anti mainstream. Tentu tempat ini layak untuk masuk dalam agenda tur di Bali kamu selanjutnya.

Sesuai namanya, Hidden Green Canyon menawarkan tebing-tebing indah berwarna hijau yang ditumbuhi oleh lumut yang tampil alami, spesial dan unik. Ini 4 alasan kenapa kamu wajib mengunjunginya.

1. Surga bagi petualang.

Bagi kamu yang sangat hobi bertualang, pemandangan tebing hijau di Hidden Green Canyon bisa menjadi salah satu tempat favorit yang wajib kamu datangi. Tempat yang asri dan masih jarang dikunjungi ini bisa mengobati kerinduanmu akan keindahan alam yang tersembunyi, dan tentunya menambah pengalaman baru dalam petualanganmu.Untuk kamu yang hobi hunting foto di Bali,ini sangat instagramable loh.

2. Inilah surganya Tebing.

Warna hijau tebing dari lumut yang menempel di seluruh permukaannya justru memberikan keunikan tersendiri. Aliran sungai yang membelah kedua tebing dengan bebatuan di sekitarnya berpadu serasi dan menambah daya pesona yang ditawarkan. Jika perhatikan, lekukan-lekukan diGreen Canyon Undisan ini sekilas terlihat seperti bentuk wajah.

Tak hanyaGreen Canyon Undisan,di dekatnya terdapat sebuah air terjun yang sangat cantik dan masih perawan, namanya Waterfall Tangkup atau air Terjun Slau. Uniknya, air terjun ini sedikit ditutupi tebing di sampingnya. Airnya yang jernih dan menyegarkan digunakan penduduk setempat untuk mengairi sawah. Jika kamu datang di waktu yang tidak tepat, genangan air di Air Terjun Slau terkadang kering.

3. Keindahan Selama Perjalanan

Jalanan menujuGreen Canyon Undisanmasih dibuat seadanya oleh masyarakat setempat dan pengelola wisata. Satu-satunya akses menuju Tebing Hijau ialah melewati jalan setapak dan tangga yang dibuat dari tanah serta bambu-bambu yang berfungsi sebagai pembatas dan pegangan. Tak hanya itu, kamu harus waspada karena jalanannya cukup curam, apalagi saat musim hujan.

Selama perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan alam seperti persawahan, hutan dan sungai. Namun tetap harus berhati-hati ya, karena aliran air sungai yang kamu lewati cukup deras. Meskipun begitu, perjalanan yang cukup sulit ini akan terbayarkan dengan pemandangan indah dari Green Canyon Undisan.

4. Kawasan Desa Wisata

Desa Undisan sendiri menjadi salah satu kawasan desa wisata di Bali. Desa ini tidak kalah menariknya dengan tetangganya yaitu desa Penglipuran. Suasana pedesaan yang nyaman dan asri berpadu dengan budaya lokal yang kental, membuatmu lebih mengenal alam Bali sesungguhnya dan betah berlama-lama di sini.

Selain itu, desa Undisan juga menyediakan sejumlah penginapan atau hotel yang sangat nyaman untuk menghabiskan liburan. Apalagi jika ingin lebih dekat dengan budaya serta alam pedesaan Bali yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan.