×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hemat pengeluaran bulanan, coba tanam 5 bumbu dapur ini di rumah

0

N/A

Hemat pengeluaran bulanan, coba tanam 5 bumbu dapur ini di rumah

Foto : pixabay.com

Menanam tanaman bumbu dapur di rumah menjadi alternatif untuk menghemat biaya pengeluaran uang belanja bulanan kamu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rahayu Supratiwi

01 / 10 / 2021 15:30

Selama pandemi Covid-19 ini banyak ruang gerak masyarakat dibatasi dan sebagian orang beraktivitas di dalam rumah saja. Kondisi tersebut akan terasa membosankan bagi sebagian orang yang sudah terbiasa dengan keseharian sebelum pandemi melakukan aktivitas aktif dan normal di luar rumah.

Tenang saja, meski begitu kamu masih bisa mengisi waktu luang saat di rumah dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti berkebun tanaman khususnya untuk keperluan bumbu dapur. Bercocok tanam dengan menaman keperluan dapur bisa menghemat pengeluaran uang belanja bulananmu. Kamu bisa memilih bumbu dapur yang sering kamu butuhkan dan mudah ditanam sebagai pilihan tanaman pada kegiatan berkebunmu.

Menanam tanaman untuk bumbu dapur tidak membutuhkan tenaga ekstra dan tergolong sangat  mudah. Tak perlu membuka lahan yang luas, kamu hanya perlu media tanam dan poly bag saja untuk bercocok tanam di pekarangan rumah.

Nah, inilah jenis-jenis tanaman bumbu dapur yang bisa kamu tanam dengan mudah di rumah.

1. Bawang merah.

Loading...

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat mudah ditanam dan dirawat. Berkembang biak dengan umbi lapis, kamu bisa mengambil 1 siung bawang merah, kemudian tanam di poly bag dengan posisi akar menghadap tanah. Lalu letakkan tanaman di bawah sinar matahari 90% agar mudah tumbuh dan proses fotosintesis berjalan sempurna.

2. Daun bawang.

Cukup potong bagian akar dari daun bawang, lalu lakukan penyemaian terlebih dahulu pada cangkir berisi air. Taruh cangkir tersebut di jendela rumahmu dan usahakan terkena sinar matahari. Daun bawang pun akan tumbuh seiring waktu.

3. Daun salam.

Potong batang daun salam sekitar 25 cm, sisakan sampai tiga helai daun saja. Tanam potongan batang tersebut di poly bag dan letakkan di tempat sejuk. Pada awal penanaman usahakan batang daun salam terkena 75% sinar matahari dan jangan lupa rutin kamu siram.

4. Cabai.

Caranya, semai terlebih dahulu benih cabai pada media poly bag. Setelah benih tumbuh menjadi bibit saat umur 14 hari sesudah semai, kamu bisa memindahkan bibit cabai pada poly bag yang telah kamu siapkan. Siram bibit cabai secara rutin dan pastikan mendapat sinar cahaya matahari. Jadi kamu tak perlu repot lagi membeli cabai ke pasar saat tanaman cabaimu mulai berbuah.

5. Pandan.

Bagi kamu yang suka membuat camilan seperti bubur dan kue, sangat disarankan untuk menanam pandan di pekarangan rumahmu. Menanam pandan juga terbilang tidak sulit. Pandan pun mudah tumbuh. Kamu hanya perlu bibit pandan segar dan sehat lalu tanam pada pot berukuran besar atau bisa langsung kamu tanam di tanah.

Jadi, ayo berkebun di rumah!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red