Terkadang seseorang berpikiran untuk membuka sebuah usaha sendiri. Namun niat itu tidak kunjung terealisasi, lantaran takut gagal dan juga tidak percaya diri. Apakah kamu salah satunya?

Di jaman yang serba Online ini, peluang untuk kita menemukan sebuah usaha sendiri itu sangat banyak. Tidak perlu bakat atau keahlian, maupun modal yang banyak. Cukup dengan modal di bawah 1jt saja pun, kita bisa membuat usaha sendiri. Asalkan ada kemauan dan tindakan.

Namun kebanyakan dari kita, lebih suka berandai-andai, daripada langsung terjun lapangan. Hasilnya, impian membuat usaha sendiri pun hanya sekedar cerita.

Nah, berbeda dengan perempuan 27 tahun ini, Mila Wiarti. Dimana ia sukses dengan usaha kecil-kecilan nya, yang ia bangun dengan modal yang awalnya hanya Rp 100.000,00. Bukan modal yang banyak, bukan?

Awalnya Mila Wiarti hanya iseng membuat gantungan pot dari tali. Kemudian ia unggah di akun instagramnya.

Hal tak terduga ternyata itu memberikannya peluang usaha yang sangat menguntungkan. Bahkan ia kini mendapatkan pesanan yang cukup banyak dari pengguna internet.

Awalnya buat gantungan buat pot bunga, lalu saya unggah ke instagram dan dari situ banyak yang pesan. Jadi saya berfikir untuk buka Pre-Order (PO) kerajinan ini, ujarnya kepada Metropolitan.

Keahliannya menguasai teknik makrame, membuat beliau dapat menghasilkan berbagai produk home dekor mulai dari, gantungan pot, hiasan dinding, tirai, taplak meja, sarung bantal, gantungan kunci, wedding backdrop dan wall decor.

Akibatnya, beliau pun menghasilkan omset yang cukup tinggi. Mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 30 juta perbulannya, dengan harga produk mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 750 ribu. Harga di sesuaikan dengan tingkat kerumitan dan bahan tali yang digunakan.

Kabarnya, usahanya sudah tersebar di seluruh pulau di Indonesia. Bahkan sudah sampai di Australia dan Malaysia.

Saya memasarkan produk hanya mengandalkan online saja di instagram @Twist_Rope dan shoope saja. Tetapi dengan pemaaran melalui online itu, produk saya sudah tersebar di seluruh pulau di Indonesia. Bahkan sudah sampai di Australia dan Malaysia, kata wanita berusia 27 tahun tersebut.

Wiarti pun bercerita, awal modal pada bisnisnya itu tidaklah besar. Ia hanya menggunakan uang sebesar Rp 100 ribu.

Dulu saya hanya bermodalkan Rp 100 ribu dan melakukan sekali pun hanya mengandalkan media online instagram saja, ungkapnya.

Nah menurut kamu gimana? Apakah kamu masih ragu untuk memulai bisnis kamu sendiri? Yang terpenting untuk memulai suatu bisnis, yang harus diperhatikan adalah, hal apa yang kamu kuasai dan kamu sukai? Karena jika sudah suka dan sudah di kuasai, pasti ada jalan untuk kesuksesan kamu, sepeti Mila Wiarti.