Kita patut waspada terhadap kebiasaan buruk yang tak disadari kerap dilakukan. Salah satunya adalah habis makan langsung tidur. Kok harus waspada? Ya, kita harus waspada karena kalau tidak bakal berpotensi terkena beberapa penyakit yang tak terduga.

Mau tahu penyakit apa saja yang dapat menyerang kita jika melakukan kebiasaan buruk itu? Berikut ini berbagai macam penyakit yang akan mengganggu kesehatanmu.

1. Obesitas

Obesitas menjadi momok bagi sebagian orang, apalagi kaum hawa. Obesitas itu akan menghantui kita jika banyak makan tanpa mempedulikan gizi dan nutrisi yang tepat. Apalagi kalau sudah seperti itu, jarang melakukan aktivitas lagi. Yang paling parah habis makan langsung tidur, malah tambah melar badanmu, Guys. Kalau sudah seperti itu, bergerak pun jadi susah. Tolong ya, Guys, jangan seperti itu,ya!

Hati-hati, guys! Habis makan langsung tidur ternyata berbahaya

2. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit nomor dua di dunia setelah penyakit serangan jantung. Diabetes akan muncul jika kita banyak makan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Jangan keseringan memakan atau meminum yang manis ya, Guys! Seperlunya saja kalau mengonsumsinya. Kalau kita habis mengonsumsi yang manis, kemudian langsung tidur, sistem pencernaan akan terganggu, Guys! Kan, saat posisi kita sedang tidur, pencernaan kita akan terhambat untuk mengolahnya, Guys.

Hati-hati, guys! Habis makan langsung tidur ternyata berbahaya

3. Serangan Jantung

Jleb! Tahu nggak Guys, kalau serangan jantung itu ternyata penyakit yang paling mematikan di dunia,lo. Serangan jantung terjadi karena ada penyumbatan pada aliran darah kita. Hal yang dapat menyumbat pada pembuluh darah kita adalah lemak jahat alias kolestrol,Guys! Lemak jahat ini akan menumpuk pada pembuluh darah kita dan darah kita tidak dapat mengalir dengan lancar menuju jantung kita. Itu juga bisa terjadi kalau kita melakukan suatu kebiasaan buruk, salah satunya adalah habis makan langsung tidur.

Hati-hati, guys! Habis makan langsung tidur ternyata berbahaya

4. Acid Reflux

Siapa yang tahu dengan Acid Reflux? Nama penyakit ini begitu asing jika kita mendengarnya, hanya medis yang terbiasa mendengar hal ini. Lebih mudahnya gejala Acid Reflux itu seperti ini. Saat kita habis makan, terus kita langsung tidur, asam lambung kita akan naik dan sampai menembus pada kerongkongan kita. Waduh, itu begitu perih,Guys!

Hati-hati, guys! Habis makan langsung tidur ternyata berbahaya

5. Heart Burn

Guys, Heart Burn itu bukan berarti hati terbakar,ya! Ternyata gejala Heart Burn itu hampir sama dengan gejala penyakit Acid Reflux, hanya perbedaannya adalah kalau Acid Reflux itu kan terjadi jika asam lambung naik ke atas sampai menembus ke kerongkongan kita, sedangkan yang Heart Burn itu terjadi jika asam lambung naik ke atas sampai ke rongga dada kita. Sama - sama nggak enaknya,Guys!

Hati-hati, guys! Habis makan langsung tidur ternyata berbahaya

6. GERD (Gasteophageal Reflux)

GERD akan menyerang kita jika kita sering terkena Heart Burn. Kalau sudah seperti itu, segera konsultasikan ke dokter ya,Guys! Itu akibat jika kita sering makan camilan atau makanan berat pada malam hari, setelah beberapa waktu langsung tidur.

Hati-hati, guys! Habis makan langsung tidur ternyata berbahaya

Itu Guys, beberapa penyakit yang akan menghantui kita jika kita melakukan kebiasaan buruk yang seperti itu. Jangan diulangi ya,Guys!

Diusahakan menunggu selama dua jam untuk siang hari dan menunggu selama empat jam untuk malam hari sebelum tidur, agar pencernaan kita dapat mengolah metabolisme tubuh kita dengan baik. Dan jangan lupa, konsumsilah makanan yang bergizi, berserat, dan bernutrisi. Kalau pada malam hari terasa lapar, alangkah baiknya mengonsumsi sayur - sayuran, buah - buahan, oatmeal, atau susu yang memiliki kandungan lemak yang rendah.