Pernahkah Anda mendengar tentang cryptojacking? Ini adalah kasus dimana oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan sumber daya komputer Anda untuk menambang Cryptocurrency seperti Bitcoin.

Biasanya anda akan melihat praktik ini di situs web yang kurang populer sampai situs Bittorrent yang cukup populer seperti Pirate Bay.

Hati-hati! Diam-diam Chrome nambang Bitcoin pakai CPU kamu

Sumber: bleepingcomputer

Bukan cuma situs web namun beberapa ekstensi chrome juga melakukan hal yang sama.

Dilansir dari BleepingComputer melaporkan bahwa Archive Poster, sebuah ekstensi Chrome yang membantu pengguna Tumblr reblog dan memposting ulang dari blog lain, juga menjalankan Coinhive, sebuah program cryptojacking yang secara diam-diam menambang CryptoCurrency Monero menggunakan CPU Anda.

Beberapa user juga menuliskan hal ini dalam review mereka di Chrome Web Store

"Jangan gunakan ekstensi ini karena dilengkapi dengan skrip penambangan CryptoCurrency. Setelah diinstal, membuat permintaan untuk coinhive yang memakan pengunaan CPU Anda dan memperlambat komputer Anda secara besar-besaran. Hindari," tulis satu pengguna.

Archive Poster nampaknya cukup populer dengan total 105.062 pengguna. Sayangnya, meski baru-baru ini mendapat ulasan negatif ekstensi ini masih memiliki nilai keseluruhan yang sangat bagus.

Umumnya perangkat lunak cryptojacking tidaklah berbahaya seperti malware pada umumnya karena tidak merusak komputer atau file anda, namun perangkat lunak yang satu ini akan memakan penggunaan cpu anda membuat komputer ana menjadi semakin lambat. Dalam beberapa kasus ada juga yang PC nya mengalami Overheat alias kebakar dikarenan penggunaan cpu yang terlalu tinggi melebihi batas.

Ketika anda sangat tidak di utungkan dengan adanya perangkat lunak ini. Developer/Pengembang ekstensi atau hacker yang berhasil menyusupkan perangkat lunak ini malah di untungkan karena mereka memiliki ribuan komputer yang menambang Cryptocurrency untuk mereka.

Peneliti keamanan Troy Mursch telah melacak fenomena cryptojacking dan telah melaporkan banyak contoh praktik ini dan yang terakhir adalah di situs resmi Movistar.

Hati-hati! Diam-diam Chrome nambang Bitcoin pakai CPU kamu

Sumber: Twitter.com/bad_packets

Jadi bila anda pengguna chrome berhati-hatilah ketika memilih ekstensi untuk chrome anda dan bila cpu anda tiba-tiba menjadi lambat anda patut waspada.