Untuk masalah mistis, Indonesia memang tak ada tandingannya. Mulai dari pesugihan, dukun, hingga mahkluk astral yang begitu melekat di kehidupan masyarakat Indonesia dari dulu hingga sekarang. Kalian pasti familiar dong dengan yang namanya pocong, genderuwo hingga kuntilanak yang konon ada di mana-mana, bahkan hantu-hantu tersebut punya popularitas yang tinggi.

Indonesia punya banyak hantu yang ada di setiap daerah dan menjadi urban legend yang tak tenggelam dimakan masa. Nah, berikut ini beberapa hantu seram asli Indonesia yang mungkin saja belum kalian ketahui.

1. Mariaban.

Hantu terseram dari berbagai daerah Indonesia yang jarang dibicarakan

Mariaban adalah hantu atau siluman yang hidup di pedalaman Kalimantan. Hantu ini memiliki tubuh yang besar dan bulu lebat di tubuhnya. Masyarakat Kalimantan juga suka berburu Mariban untuk diambil bulu dan minyaknya, konon katanya bulu dan minyak tersebut jika ada wanita yang disukai bisa terkena pelet. Hantu Mariban suka minum darah dan biasanya mereka menangkap manusia yang sendirian di dalam hutan. Mereka akan membunuh manusia tersebut dengan menghisap semua darahnya sampai habis.

2. Parakang.

Hantu terseram dari berbagai daerah Indonesia yang jarang dibicarakan

Jenis hantu ini berasal dari Sulawesi Selatan. Parakang sangat suka memangsa anak-anak yang ditinggal sendiri oleh orang tuanya. Hantu ini menyerupai manusia tapi rambutnya berantakan dan mempunyai bau yang khas. Terkadang Parakang suka merubah wujudnya menjadi hewan seperti kucing atau anjing, maka kaki bagian belakangnya akan lebih panjang dan ketika berjalan hewan perwujudan Parakan gini terlihat berjalan menunduk di bagian kepalanya. Jika seseorang terkena gigitannya maka akan mengalami gangguan pencernaan hingga buang air selalu berdarah.

3. Antu Banyu.

Hantu terseram dari berbagai daerah Indonesia yang jarang dibicarakan

Antu Banyu yang sangat dikenal oleh masyarakat Sumatra Selatan ini diyakini hidup di Sungai Musi dan Muara Dua. Berwujud seperti wanita berambut panjang dan memiliki tubuh yang sangat berat. Maka dari itu kenapa setiap kapal yang dinaiki oleh Untu Banyu selalu tenggelam. Ketika orang-orang dalam perahu tenggelam, hantu ini akan segera masuk ke dalam air dan memangsa manusia itu dengan cara menghisap ubun-ubun hingga sumsum tulang belakangnya. Biasanya korban dari Untu Banyu ditemukan dengan kondisi kepala terbuka atau punggung yang bolong.

4. Jerangkung.

Hantu terseram dari berbagai daerah Indonesia yang jarang dibicarakan

Hantu ini terdapat di Pulau Jawa. Berbentuk seperti kerangka manusia yang bisa berjalan sendiri dan menakut-nakuti manusia. Jerangkung biasanya berada di laboratorium yang memiliki tulang manusia ataupun di kuburan yang angker. Meski hantu ini tidak setenar Pocong atau Tuyul, Jerangkung sering mencelakai manusia bahkan membuat manusia menemui ajal dengan cara yang mengenaskan.

5. Glundung Plecek.

Hantu terseram dari berbagai daerah Indonesia yang jarang dibicarakan

Hantu Glunfung Plecek yang ada di Pulau Jawa ini merupakan kepala manusia yang terlepas dari tubuhnya. Hantu ini suka mengitari jalanan dan membuat manusia yang melihatnya jadi ketakutan. Ia jatuh seperti durian atau kepala, ketika orang akan mengambil buah tersebut hantu ini akan muncul dan membuat orang tersebut menjadi takut dan terus mengejar hingga orang itu hingga terjatuh.

6. Suanggi.

Hantu terseram dari berbagai daerah Indonesia yang jarang dibicarakan

Hantu ini terkenal di Maluku dan Papua. Suanggi ini dulunya merupakan penyihir yang memiliki ilmu hitam. Tapi lambat laun penyihir ini berubah menjadi hantu yang mengerikan. Hingga ada yang mengatakan bahwa hantu ini memiliki gigi yang tajam dan suka sekali membunuh manusia. Menyelinap ke dalam rumah dengan cara yang unik, kadang berubah menjadi cicak. Jika sudah mendapat korban, Suanggi akan segera mencabik-cabik tubuh korbannya dengan cara yang mengerikan.

7. Oreng Pote.

Hantu terseram dari berbagai daerah Indonesia yang jarang dibicarakan

Oreng Pote adalah hantu asli Pulau Bawean. Hantu ini memiliki wujud yang sangat mengerikan. Seperti kulit putih pucat dan bagian mata yang hitam pekat. Oreng Pote suka mendatangi manusia dan memberi kutukan. Masyarakat di Pulau Bawean percaya jika orang yang didatangi oleh Oreng Pote akan mendapatkan sial. Seperti terkena penyakit aneh, usaha hancur hingga kematian tiba-tiba. Untuk menghindarinya, masyarakat Pulau Bawean mengadakan ritual atau menutup rumah jika malam sudah tiba.