Bagi bangsa kita, bulan Agustus selalu identik dengan hari kemerdekaan. Berbagai acara digelar di seluruh Nusantara untuk memeriahkan hari kebangkitan rakyat Indonesia. Nah, bulan Agustus juga menjadi bulan di mana berbagaihal bersejarah terjadi di belahan bumi lain. Apa saja sih hal-hal bersejarah yang terjadi di bulan Agustus pada masa silam?

1. Penemuan oksigen (1 Agustus 1774).

5 Hal bersejarah ini terjadi di bulan Agustus

KetikaJoseph Priestly sedang bekerja sebagai guru untuk anak-anak dari William Petty, ia menemukan gas yang dinamakan dengan oksigen.Setelah bereksperimen dengan berbagai macam "udara", Priestley menjalankan sebuah eksperimen yang pada akhirnya membuat dirinya terkenal.

Dengan menggunakan sesuatu yang disebut sebagai "lensa membara", dia meletakkan sedikit sampel dari merkuri oksida di sebuah kontainer berbahan kaca dan memfokuskan cahaya matahari ke benda tersebut. Sebuah gas tanpa warna dimasukkan ke dalam kontainer tersebut dan sebuah lilin mulai terbakar. Pada akhirnya hasil eksperimen ini menghasilkan sebuah penemuan gas yang dinamakan dengan oksigen.

2. Telegram pertama yang dikirim (20 Agustus 1911).

5 Hal bersejarah ini terjadi di bulan Agustus

Telegram pertama dikirim dari kantor New York Times untuk menguji dan mengukur berapa lama sebuah pesan dapat disampaikan dari berbagai tempat di dunia melalui telegraph. Isi pesan pertama tersebut yang melewati lebih dari 28.000 mil hanya berisi "Pesan ini dikirim dari berbagai tempat di dunia."

Setelah dikirim ke lebih dari 16 operator di seluruh dunia, termasuk operator yang berada di San Francisco, Saigon dan Azores, sebuah balasan dari pesan tersebut telah diterima oleh New York Times hanya dalam waktu 16.5 menit setelah pesan tersebut dikirim.

3. Lukisan Mona Lisa dicuri (21 Agustus 1911).

5 Hal bersejarah ini terjadi di bulan Agustus

foto: en.wikipedia.org

5 Hal bersejarah ini terjadi di bulan Agustus

Lukisan karya Leonardo da Vinci yang sangat terkenal ini dicuri dari Louvre di Paris pada 21 Agustus 1911. Seorang tukang bersih-bersih yang dipekerjakan di Louvre bernama Vincenzo Peruggia memutuskan untuk mencuri lukisan ini.

Lukisan Mona Lisa baru dikabarkan telah hilang 24 jam setelah itu. Setelah lukisan tersebut hilang, koran-koran beramai-ramai memberitakan hal heboh ini. Dua tahun setelah lukisan tersebut dicuri, baru didapat kembali tepatnya pada Desember 1913. Peruggia harus mendekam di balik jeruji besi selama tujuh bulan atas perbuatannya.

4. Edisi pertama Guiness Book of World Records terbit (27 Agustus 1955).

5 Hal bersejarah ini terjadi di bulan Agustus

Edisi pertama dari The Guinness Book of Records pertama kali diterbitkan pada 27 Agustus 1955 dan pada tahun pertamanya dibuat sebanyak 50.000 buku. Pada Natal 1955, buku ini menjadi buku terlaris di Inggris.

5. Kemerdekaan Republik Indonesia (17 Agustus 1945).

5 Hal bersejarah ini terjadi di bulan Agustus

Nah, yang satu ini tentu kamu tak akan lupa. Indonesia berhasil mendapatkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Ada sebuah upacara di mana Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, membawakan sebuah pidato yang mengatakan bahwa kekuasaan para penjajah dari Belanda telah berakhir.

Langkah menuju kemerdekaan ini sebenarnya telah diusahakan oleh Soekarno, Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir selama bertahun-tahun. Namun, peluang baru benar-benar terbuka setelah tentara Jepang berhasil melumpuhkan Hindia Belanda pada tahun 1942.