Sudah masuk bulan ramadhan nih. Emang bulan ini penuh dengan hikmah ya. Suara orang ngaji terdengar dimana-mana dan masjid mendadak penuh sesak dengan para jama'ah. Jadi adem-adem gimana gitu?

Salah satu keutamaan sholat berjama'ah, selain iming-iming pahala yang lebih besar, mempererat tali persaudaraan menjadi tujuan selanjutnya.

Namun ada aja lho sobat Brilio, jama'ah yang malah keberadaannya menjadi cukup mengganggu, buat penghuni masjid yang lainnya.

Seperti apa aja sih, tipe jama'ah atau makmum yang nyebelin? Kamu pasti pernah ngerasain deh, iya kamu.

1. Nyebelin banget nih kalo sholat disebelah orang yang wangi parfumnya terlalu menyengat hingga radius 2 km, asli bukannya khusu' malah bikin pusing. 7 Tipe makmum ini nyebelin banget, kamu pernah nemuin?

2. Kamu pernah ngerasain kan nemuin makmum yang bacaan sholatnya terlalu berlebihan, kalo mau keras-keras kenapa ngga jadi imam aja, mengganggu tau! 7 Tipe makmum ini nyebelin banget, kamu pernah nemuin?

3. Momen dimana sholat berjama'ah jadi gregetan adalah liat orang tua diem aja saat anaknya bikin ribut, boleh aja bawa anak malah dianjurkan tapi ngerti situasi dong! 7 Tipe makmum ini nyebelin banget, kamu pernah nemuin?

4. Menurut kamu gimana sih, nemuin jama'ah yang sukanya terlalu meregangkan jarak dengan makmum yang disampingnya? Katanya mau mempererat ukhuwah malah diisi ama ... 7 Tipe makmum ini nyebelin banget, kamu pernah nemuin?

5. Nyesek juga ya sholat disebelah orang yang bau keringat, kalo mau pergi ke masjid mendingan mandi dulu deh atau minimal pake minyak wangi lah. 7 Tipe makmum ini nyebelin banget, kamu pernah nemuin?

6. Makmum yang ketinggalan beberapa roka'at, malah nggak ngerti dan ngajak balapan imam sholat udah gitu, gayanya sih sok iye. 7 Tipe makmum ini nyebelin banget, kamu pernah nemuin?

7. Nah kalo yang ini diluar nalar.

7 Tipe makmum ini nyebelin banget, kamu pernah nemuin?

So, jadi kamu tipe jama'ah yang kayak gimana? Inget ya, kembali tujuan awal sholat berjama'ah adalah untuk mempererat tali persatuan umat.