Gitar sudah sejak lama sekali telah menjadi satu instrument musik yang begitu populer semua kalangan bisa/ingin memaikannya selain mudah dimainkan dan harganya tak terlalu mahal, untuk gitar standar biasa dibandrol dengan harga sekitar 150 ribu rupiah saja dan untuk yang kualitas bagus 700-1 juta rupiah. Tapi, berbeda dengan beberapa gitar para musisi dunia ini padahal, harga sebenarnya dari gitar ini standar saja namun, orang yang memakai gitar itulah yang membuatnya sangat mahal. Berikut gitar-gitar termahal didunia.

1.Jimi Hendrixs 1968 Stratocaster
4 Gitar termahal di dunia, ada yang sampai Rp 26 miliar

Gitar ini bernilai tinggi sejak digunakan Jimi Hendrix pada saat konser Woodstock. Setelah itu, alat musik ini muncul kembali di tahun 1990 pada pembukaan Fender Artist Center setelah sebelumnya disimpan oleh pemain drum Mitch Mitchell. Setelahnya, 1968 Stratocaster ini terjual di Sotheby dengan harga sekitar dua miliar lebih. Belakangan, santer terdengar kabar jika orang kepercayaan Bill Gates yaitu Paul Allen, membeli gitar ini dengan harga mencapai $2 juta atau sekitar Rp 26 miliar

2.Blackie Stratocaster Hybrid

4 Gitar termahal di dunia, ada yang sampai Rp 26 miliar

Merupakan hasil penggabungan dari tiga buah gitar, Blackie berhasil mengeruk kocek pembelinya senilai Rp 12 miliar. Sesuai namanya, Blackie memiliki warga kehitaman yang dominan. Gitar ini digunakan perdana pada Januari 1973 hingga 1983. Sang pemilik, Eric Clapton menjualnya karena berhenti bermain gitar pada tahun 1985 karena bermasalah dengan bagian leher. Akhirnya, Blackie pun dilelang untuk dana Crossroads Rehab Center dan dibeli seharga yang sudah disebutkan tadi.

3.Lenny Stevie Ray Vaughans 1965 Fender Composite Stratocaster

4 Gitar termahal di dunia, ada yang sampai Rp 26 miliar

Gitar ini menunjukkan betapa Stevie Ray Vaughan amat mencintai sang istri, Lenny. Karenanya, Stevie Ray mengabadikan nama istrinya dalam gitar yang dihadiahi oleh belahan jiwanya itu. Sakingistimewanya, Stevie Ray juga selalu menggunakan gitar ini hingga akhir hayatnya pada tahun 1990. Di tahun 2004, gitar ini dilelang untuk mengumpulkan dana amal. Dan gitar kesayangan Stevie Ray terjual dengan harga Rp 8,2 miliar. Dana ini pun dapat membantu Crossroad Rehabilitation Centre yang ada di Antigua.

4.Bob Marleys Custom Made Washburn 22 Series Hawk

4 Gitar termahal di dunia, ada yang sampai Rp 26 miliar

Gitar yang satu ini justru mempunyai kisah yang unik. Kala itu 21 November 1971, Bob Marley yang telah menyelesaikan aksi panggungnya tiba-tiba memberikan gitar ini pada seorang teknisi gitar bernama Gary Carlsen. Sambil meminta Gary menerima gitar itu, Marley berkata, ambillah saja karena kamu akan mengerti suatu hari nanti. Kini, salah satu gitar paling populer milik Bob Marley ini telah dimasukkan daftar harta nasional pemerintah Jamaika. Asal tahu saja, harga gitar ini mencapai angka fantastis hingga $2 juta atau sekitar Rp 26 miliar.