Piala Dunia 2018 yang tengah berlangsung di Rusia telah memasuki babak perempat final. Beberapa tim kejutan tampil meyakinkan seperti Uruguay yang mengandaskan perlawanan juara Piala Eropa 2016 Portugal dan tim tuan rumah Rusia yang berhasil menumbangkan mantan Juara Dunia, Spanyol.

Para pemain saling berusaha menampilkan permainan terbaik mereka digelaran ini, namun tidak sedikit pula yang justru tampil melempem baik di fase grup maupun pada fase gugur.Sejumlah pemain bintang yang diharapkan mampu menjadi senjata ampuh bagi tim justru tampil kurang meyakinkan. Banyak faktor yang mempengaruhi menurunnya performa mereka ketika membela timnasnya seperti cedera, bermain di posisi baru atau ekspektasi tinggi terhadap kontribusi pemain tersebut.

Berikut pemain bintang yang tampil melempem kala beraksi membela tim nasionalnya di ajang Piala Dunia 2018.

1. Lionel Messi

Para pemain bintang ini dinilai melempem pada gelaran Piala Dunia 2018

Foto: Reuters

Harapan besar berada di pundak Lionel Messi untuk kembali membawa Argentina menjadi semifialis seperti yang ia lakukan di edisi 2014. Kala itu La Pulga berhasil menjadi pemain terbaik turnamen meski timnya kalah dari Jerman di partai puncak. Gelontoran 4 gol dan 1 assist dibukukan pemain berusia 31 tahun tersebut saat itu.

Hal tersebut berkebalikan pada Piala Dunia kali ini dimana dia hanya mampu menyarangkan 1 gol dan 2 assist dari 4 penampilannya. Performanya disorot ketika dia tidak mampu menuntaskan eksekusi penalti saat timnya ditahan imbang Islandia. Jebloknya penampilan Messi juga berimbas pada kegagalan Argentina menembus fase 16 besar setelah kalah dari Prancis.

2. Paulo Dybala

Para pemain bintang ini dinilai melempem pada gelaran Piala Dunia 2018

Foto:dhakatribune

Bintang asal klub Juventus ini justru gagal bersaing di jajaran penyerang yang dimiliki Argentina. Tercatat dia hanya diturunkan sekali dari bangku cadangan saat dikalahkan Kroasia 3-0. Namanya kalah bersaing dariGonzalo Higuain, Ever Banega, danMaximiliano Meza. Bahkan nama terakhir selalu diturunkan Pelatih Jorge Sampaoli yang memiliki posisi sama dengan dirinya.

Padahal sang pemain kidal ini telah menjalani musim terbaiknya di Juventus dengan membawa si Nyonya Tua melaju ke perempat final Liga Champions serta menjuarai Seria A Italia musim 2017-2018. Kekasih dariAntonella Cavalieri ini berhasil membukukan 22 gol dan 5 assist untuk klubnya di Liga musim kemarin.

3. Ousmane Dembele

Para pemain bintang ini dinilai melempem pada gelaran Piala Dunia 2018

Foto: Getty Images

Pemain muda berbakat Prancis digadang gadang akan menjadi pemain hebat ketika didatangkan Barcelona dari Borussia Dortmund pada periode 2017/18. Musim pertamanya, Dembele yang sempat mengalami cedera hamstring hanya tampil dalam 14 laga dan mengepak empat gol dan 6 assist.

Meskipun begitu, ketrampilan individunya tetap dianggap unggul sehingga dia dipanggil Timnas Prancis di gelaran Piala Dunia. Namun sayang penampilannya sejauh ini belum memuaskan Pelatih Didier Deschamps. Pemuda 21 tahun ini hanya tampil dalam 3 pertandingan dan belum mencetak gol untuk tim nya. Semoga kedepan dia dapat diberi kepercayaan dan dapat mencetak gol mengingat Prancis saat ini terus melaju di perempat final.

4. David de Gea

Para pemain bintang ini dinilai melempem pada gelaran Piala Dunia 2018

Foto:myowndubai

Kiper andalan Manchester United ini menjadi kiper utama Timnas Spanyol setelah sekian lama dipegang oleh sang kapten Iker Casillas. Akan tetapi kiper berusia 27 tahun ini tampil kurang meyakinkan dibawah mistas gawang Spanyol. SepanjangPiala Dunia 2018, ada 7 tembakan tepat sasaran yang mengarah ke gawang nya. Namun, kiper berpostur 190 cm ini hanya dapat mementahkan satu peluang saja.

Berdasarkan situs resmi FIFA, persentase penyelamatan De Gea cuma 14,3 persen alias yang terburuk di antara kiper lainnya. Teranyar, De Gea juga tak bisa berbuat banyak untuk mengawal gawangnya ketika terjadi drama adu penalti dengan tuan rumah Rusia. Tak satupun eksekusi penalti pemain Rusia bisa dia hentikan. Spanyol pun harus puas pulang lebih awal dari ajang 4 tahunan ini.

5. Robert Lewandowski

Para pemain bintang ini dinilai melempem pada gelaran Piala Dunia 2018

Foto:i1.wp.com

Robert Lewandowski menjadi pemain andalan utamaPolandiauntuk mencetak gol diPiala Dunia 2018. Bertindak sebagai kapten tim, sang striker justru tampil dibawah ekspektasi publik polandia yang berharap pada gelontoran gol-gol nya. Tak satupun gol yang dapat ia persembahkan untuk membantu timnya. Total pemain berusia 29 tahun ini tampil 3 kali dan melakukansembilan tembakan, dimana hanya tiga di antaranya yang tepat sasaran.

Padahal, Lewandowski datang bersama timnya ke Rusia dengan modal 41 gol bersama Bayern Munchen di sepanjang musim 2017/18. Penyerang bernomor punggung 9 itu juga menjadi top skorer babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa dengan torehan 16 gol.Ia berdalih performa buruknya dikarenakan tak mendapatkan bantuan yang memadai dari rekan-rekannya di lini serang.

6. Jerome Boateng

Para pemain bintang ini dinilai melempem pada gelaran Piala Dunia 2018

Foto: Sportskeeda

Skill Jerome Boateng dalam mengawal lini pertahanan sudah tidak perlu diragukan lagi. Pemain 29 tahun ini berhasil membawa timnya Bayern Munchen menjuarai Bundesliga 2017-2018. Dia tampil solid mengawal pertahanan The Bavarian bersama Matt Hummels

Sayangnya, penampilan impresif Boateng justru tidak tercerminkan saat tampil bersama Jerman dalam pertandingan Piala Dunia 2018. Saudara Kevin Prince Boateng ini hanya tampil di 2 laga De Panzer. Momen terburuknya terjadi saat dia mendapat kartu merah di babak kedua lantaran melakukan pelanggaran ketika berhadapan dengan Swedia