Barcelona kembali menuai hasil ketatsaat berhadapan dengan Athletic Bilbao padapekanketujuh La Liga di Camp Nou, Sabtu (29/9/2018) malam WIB. Gol Munir El Haddadi di menit ke-84 menyelamatkan Barcelena dari kekalahan dan memaksa laga berkesudahan imbang 1-1.

Dilansir dari situs bolabob.com, Minggu (30/9), pada laga tersebut, Pelatih Barca Ernesto Valverde mencadangkan megabintang Lionel Messi di awal permainan. Dia memainkan formasi 4-3-3 dengan menempatkan trisula Ousmane Dembele, Philippe Coutinho dan Luis Suarez di lini serang.

Tidak memainkan Messi di awal permainan membuat lini serang Barca terlihat kurang tajam. Peluang emas baru mereka dapatkan pada menit ke-25. Mendapatkan umpan dari Arturo Vidal, Suarez melepaskan tembakan keras namun masih bisa ditepis kiper Bilbao Unai Simon.

Tak putus asa, Barca kembali mengancam lewat tendangan Ivan Rakitic dari jarak jauh pada menit ke-34. Sayang, sepakan pemain Kroasia itu masih belum menemui sasaran dan hanya menghasilkan tendangan ke gawang untuk Bilbao.

Asyik menyerang, gawang Barca justru kebobolan pada menit ke-41. Umpan terukur dari Markel Susaseta mampu diteruskan Oscar de Marcos dengan sundulan yang tak bisa dibendung kiperBlaugranaMarc Andre Ter Stegen. Keunggulan satu gol Bilbao bertahan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, Valverde memasukkan La pulga (julukan Mesi) menggantikan Vidal pada menit ke-55. Kehadiran La pulga membuat arus serangan Barca bervariasi. Akhirnya, Messi menjadi kreator gol penyeimbang barcelona setelah umpannya mampu dimampaatkan Munir El Haddadi dengan sontekan yang tak bisa dihalau kiper Simon pada menit ke-84. Skor kacamata hingga peluit babak ke dua berbunyi, kedua tim tidak mampu menambah gol lagi.

SUSUNAN
BARCELONA (4-3-3)
Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Roberto (Busquets 51), Rakitic, Vidal (Messi 53); Dembele (El Haddadi 80), Suarez, Coutinho
Pelatih:Ernesto Valverde

ATHLETIC BILBAO (4-3-3)
Simon; De Marcos, Yeray, Martinez (Nolaskoain 23), Balenziaga; Raul Garcia, Dani Garcia, Extebarria (San Jose 67); Susaeta, Williams (Aduriz 79), Berchiche
Pelatih: Eduardo Berizzo