Pandemi Covid-19 menjadi hal yang sedang ramai dibicarakan karena mengorbankan banyak nyawa dan mengubah seluruh aspek di dalam hidup masyarakat. Pada masa seperti ini, banyak individu yang kehilangan orang tersayang, kehilangan pekerjaan, dan sulit untuk bertemu dengan orang-orang terdekat. Hal tersebut menimbulkan stres dalam diri individu dan terkadang tidak dapat dikendalikan.

Menurut Hidayati dan Harsono (2021), stres adalah perasaan yang mengganggu individu karena dapat menimbulkan rasa tertekan dan tegang. Stres menjadi hal yang sangat wajar dialami oleh individu karena terjadinya hal-hal yang di luar kendali individu. Contohnya seperti dikeluarkan dari pekerjaan pada masa pandemi, bercerai, dan memiliki penyakit yang sulit disembuhkan. Peristiwa-peristiwa tersebut banyak dialami oleh masyarakat, akan tetapi dapat diubah dengan kegiatan positif lainnya.

Stres dalam masa pandemi dapat dipicu oleh masalah dengan keluarga, hubungan dengan orang tersayang, dan masalah ekonomi. Stres yang sedang dirasakan oleh individu dapat mengganggu rutinitas, maka dari itu individu itu sendiri harus memiliki jalan keluar dari masalah yang sedang ia alami sekarang. Misalnya, sedang stres karena dipecat dari pekerjaan. Hal yang harus dilakukan oleh individu tersebut adalah menambah skill yang belum dimiliki sembari mencari pekerjaan lain.

Menambah skill saat pandemi bisa dengan mengikuti webinar, pelatihan online, mencoba membuka bisnis online, dan mengikuti kegiatan volunteer yang sedang diadakan atau berlangsung. Jika hal-hal tersebut sulit untuk dilakukan, banyak kegiatan sehari-hari yang dapat dilakukan dengan diimbangi oleh rutinitas setiap harinya. Dengan begitu, stres yang sedang dialami akan sedikit-sedikit terpengaruh oleh kegiatan positif yang dilakukan. Selain itu, kegiatan yang positif dapat menambah value dalam diri individu.

Kegiatan yang dapat dilakukan saat pandemi untuk mengurangi stres adalah mencoba hal-hal yang sebelumnya belum pernah dilakukan, yaitu olahraga secara teratur, membuat masakan yang belum pernah dimasak sebelumnya, membaca buku, membuat tulisan-tulisan menarik, menata dan membersihkan rumah dan mengikuti berbagai kelas online sesuai hobi masing-masing individu.