Ada banyak tempat wisata di berbagai negara yang dijuluki sebagai warisan dunia. Tentunya dengan julukan kayak gitu, intensitas kunjungan para turisnya pun gak main-main. Tempat-tempat wisata kelas dunia tersebut selalu dipenuhi pengunjung. Alhasil, kelestarian tempatnya pun jadi terancam. Buktinya kayak empat tempat wisata di bawah ini nih. Sekarang keempatya udah mengalami beberapa kerusakan akibat ulah pengunjung usil yang gak mematuhi peraturan untuk menjaga lingkungan sekitar tempat wisata dengan baik!

1. Venesia, Italia

Gara-gara ulah pengunjung, 4 tempat wisata dunia ini tak seindah dulu

fodors

Kota cantik di Italia ini juga tak luput dari kerusakan yang disebabkan oleh para turis iseng apalagi saat memasuki high season. Pada masa padat seperti itu, kota ini bisa dikunjungi 80.000 turis per hari dan bahkan membuat beberapa tempat wisata utama gak bisa diakses. Parahnya lagi, ulah para wisatawan yang datang ke Venesia dengan kapal pesiar membuat lalu lintas air di kota ini jadi berantakan dan macet.

2. Machu Picchu di Peru

Gara-gara ulah pengunjung, 4 tempat wisata dunia ini tak seindah dulu

cuzcoeats

Salah satu situs peninggalan bersejarah ini juga gak luput dari kelakuan-kelakuan turis iseng. Sekarang ini ada papan bertuliskan 'Dilarang Telanjang' yang menyapa setiap pengunjung. Alasan dibuatnya papan itu sendiri karena ada beberapa turis yang tertangkap sedang bugi di kawasan ini padahal Machu Picchu dianggap suci sama penduduk setempat.

3. Piramida Giza di Mesir

Gara-gara ulah pengunjung, 4 tempat wisata dunia ini tak seindah dulu

thetelegraph

Salah satu bangunan paling bersejarah di dunia ini kian mengalami kerusakan berkat ulah turis-turis usil yang memanjat permukaan Piramida. Alhasil, Piramida ini jadi gak sekokoh dulu dan telah melalui beberapa perbaikan. Sedihnya lagi, kalau masih banyak turis yang usil memanjat, Piramida ini pun disinyalir akan semakin rusak dalam waktu yang cepat.

4. Angkor Wat, Kamboja

Gara-gara ulah pengunjung, 4 tempat wisata dunia ini tak seindah dulu

tripadvisor

Gak cuma Indonesia yang mesti menghadapi ulah turis yang hobi bikin vandalisme. Di Kamboja, juga banyak orang gak bertanggungjawab yang mengotori Angkor Wat dengan coretan. Padahal, Angkor Wat termasuk cagar budaya yang dilindungi UNICEF sehingga siapa pun yang merusaknya bisa terkena sanksi.

Itulah sebagian kecil tempat wisata di dunia yang perlahan-lahan mengalami kerusakan akibat ulah turis-turis gak bertanggung jawab. Kalau kamu ngakunya traveler sejati, jangan lupa untuk terus menjaga lingkungan tempat dimana kamu liburan.