×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Dear new mom, ini pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

0

Kesehatan

Dear new mom, ini pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Bagi para calon ibu, terlebih yang akan melahirkan anak pertamanya, pasti dibayangi banyak pertanyaan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Alexander Dimas Kelvin Jonathan Hutabarat

31 / 08 / 2018 12:45

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) harus dilakukan selama satu jam setelah persalinan. Segera setelah lahir, letakkan bayi di sekitar dada ibu sehingga terjadi kontak antar kulit yang menyebabkan bayi merasa hangat dan dapat bernapas dengan baik. Secara alami, bayi akan mencari puting ibunya untuk menyesap ASI. Ketika bayi diberi ASI lebih awal, maka bayi akan cepat belajar untuk menyusu.

Kolostrum atau ASI pertama yang berwarna kekuningan memiliki manfaat untuk melindungi bayi dari penyakit akibat bakteri dan virus yang tidak terdapat dalam susu formula. Kolostrum itu sendiri memiliki kandungan antibodi dari tubuh ibu yang kemudian akan diberikan kepada sang bayi sebagai bentuk transfer perlindungan tubuh dan juga berefek laksatif dengan membantu membuang kotoran pertama bayi (mekonium) dari dalam usus.

Fakta membuktikan bahwa IMD mampu menurunkan angka kematian bayi baru lahir serta meningkatkan produksi ASI karena isapan bayi pada puting ibu menyebabkan kadar hormon prolaktin mengalami peningkatan produksi sehingga kelenjar susu dapat terangsang untuk memproduksi ASI hingga 2 X lipat.

Selain manfaat yang telah disebutkan diatas, Inisiasi Menyusui Dini (IMD) juga bermanfaat untuk mencegah kematian bayi akibat hipotermia melalui kontak kulit ibu-bayi yang hangat, mencegah hipoglikemi (gula darah rendah) pada bayi, menghentikan perdarahan pasca-persalinan, dan mengurangi stress psikis pada bayi sehingga pernapasan dan detak jantungnya lebih stabil.

Adapun, untuk kebutuhan sang ibu yang melahirkan, diharapkan agar ibu mengkonsumsi suplemen vitamin A 24 jam setelah melahirkan agar penyembuhan luka pasca-persalinan dapat dipercepat. Selain itu, vitamin A yang dikonsumsi oleh ibu dapat meningkatkan kandungan vitamin A pada ASI yang berguna bagi bayi. Dosis vitamin A yang sesuai untuk dikonsumsi ibu pasca-persalinn yaitu 100.000 - 200.000 IU.

Loading...

Semoga beberapa paparan diatas dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi para calon ibu sehingga anak-anak kita kelak sehat dan sejahtera. Salam sehat!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red