Kemangi merupakan tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Kemangi merupakan tumbuhan yang tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis dan sub-tropis. Tumbuhan ini biasa dijadikan bahan konsumsi, baik dijadikan lalapan maupun dijadikan penyedap rasa atau bumbu dapur.

Zat aktif yang terkandung dari kemangi adalah eugenol yang paling berpotensi farmakologis. Selain eugenol, kemangi juga mengandung zat farmakologis seperti ocimene, alfapinene, geraniol. Kandungan zat aktif eugenol yang mendominasi komponen daun kemangi atau Ocimum sanctum berfungsi sebagai tempat antiparasit dan antioksidan.

Berikut 4 manfaat konsumsi kemangi bagi kesehatan.

1. Memperlancar saluran darah.

Dengan bahan yang terkandung dalam tumbuhan kemangi di atas, maka setiap bagian kemangi di percaya dapat memperlancar peredaran darah manusia.

2. Anti peradangan.

Peradangan dalam tubuh biasanya terjadi karena stres oksidatif. Daun kemangi memiliki sifat anti-inflamasi seperti adanya kandungan minyak esensial termasuk sitronelol, eugenol, dan linalool yang efektif untuk melindungi tubuh dari risiko peradangan.

3. Mengurangi kadar kolesterol.

Menurut sebuah penelitian, daun kemangi memiliki efek yang signifikan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Komponen fitokimia dan antioksidan dalam daun kemangi dapat mencegah akumulasi kolesterol di pembuluh darah yang apabila dibiarkan dapat menyebabkan aterosklerosis.

4. Mencegah penyakit kardiovaskular.

Daun kemangi sangat berguna untuk menjaga sirkulasi darah yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menjaga kenormalan tekanan darah. Daun kemangi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah agregasi platelet yang dapat menyebabkan gumpalan arteri dan menghalangi aliran darah.

Nah, dengan berbagai manfaat yang dimiliki olehtumbuhan ini, maka mulai dari sekarang jangan takut mengonsumsi daun kemangi ya!