Menurunkan berat badan atau bahasa yang lebih keren adalah diet, tergantung bagaimana kamu melakukannya. Ada yang sebagian orang merasakan bahwa melakukan program diet itu mudah, tapi tidak sedikit juga yang merasakan bahwa melaksanakan program diet itu susah. Tergantung dengan komitmen masing-masing orang.

Nah, bagi yang memiliki tubuh gemuk dan ingin melakukan program penurunan berat badan, kenali dulu asupan makanan yang kamu konsumsi. Memang sulit melakukannya karena di zaman sekarang ini beragam makanan menggugah selera.

Lantas apa hubungannya dengan program penurunan berat badan? Tentunya hal ini penting dan sangat berhubungan sekali karena cara alami menurunkan berat badan yang diwariskan nenek moyang dengan memanfaatkan berbagai macam dedaunan dan rempah-rempah hasilnya sangat menjanjikan.

Nah, di bawah ini 9 cara alami yang aman bagi kamu agar mendapatkan tubuh langsing dan indah. Tentunya tidak perlu mengeluarkan duit yang banyak untuk membuatnya,. Apa saja? Yuk, simak baik-baik.

1. Ramuan air rebusan jahe

9 Bahan alami ini ternyata berkhasiat turunkan berat badan

foto: Merdeka.com

Jahe merupakan rempah-rempah yang dijadikan obat tradisional sejak dahulu. Jahe memilki kandungan termal atau panas yang bisa menghangatkan dan meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu membakar lemak.

Menurut penelitian manfaat jahe untuk diet yaitu dapat mengurangi berat badan secara alami, mengecilkan perut buncit dan mengontrol nafsu makan. Caranya siapkan bahannya yaitu 1 rimpang jahe cuci bersih, diiris tipis-tipis kemudian direbus dengan air dua gelas biarkan sampai mendidih biarkan airnya berkurang menjadi separuh. Setelah itu angkat dan dinginkan atau bisa diminum dalam keadaan hangat. Minum rutin ramuan ini sebelum tidur malam, lakukan setiap hari sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.


2. Air hangat ditambah lemon

9 Bahan alami ini ternyata berkhasiat turunkan berat badan

foto: vemale.com

Ini cara alami yang kedua menurunkan berat badan, tapi sebelumnya alangkah baiknya kita mengetahui kandungan yang terdapat pada lemon. Lemon yang kita tahu banyak mengandung vitamin C. Nah, Vitamin C itulah yang akan membantu dalam proses penurunan berat badan, karena lemon akan mendetox dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Cara membuat ramuan lemon untuk menurunkan berat badan yaitu ambil satu buah lemon, dibelah jadi tiga atau terserah sesuai keinginan, kemudian peras airnya. Air perasan lemon tadi dicampur dengan segelas air. Ini dia kuncinya pakailah air yang hangat sebagai campuran pada perasan lemon tadi. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari sebelum makan. Lakukan secara rutin sampai mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Catatan bagi yang menderita sakit maag lebih baik hindari cara ini, karena sifat azam pada lemon akan meningkatkan tingkat keazaman pada lambung.


3. Ramuan teh hijau

9 Bahan alami ini ternyata berkhasiat turunkan berat badan

foto: broadstoneseaside.com

Sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak sehingga membuat tubuh langsing. Khasiat teh hijau sudah terbukti dapat menurunkan berat badan. Teh hijau sudah digunakan untuk menurunkan berat badan sejak berabad-abad sebagai pengobatan China, untuk mempercepat pemulihan luka, melancarkan sistem pencernaan, menstabilkan gura darah dan untuk kesehatan jantung.

Tradisi kuno ini sudah dibuktikan secara klinis, bahwa teh hijau kaya akan antioksidan yaitu 8 kali lebih kuat dari Vitamin C dan zat lainnya. Cara minum teh hijau yaitu dengan minum dua sampai enam kali sehari akan menurunkan berat badan, dari cara menyeduh dan dosis atau takaran yang tepat. Hal ini sangat penting dilakukan karena akan sangat membantu sekali memaksimalkan khasiat teh hijau untuk diet lebih efektif.


4. Daun jati China

9 Bahan alami ini ternyata berkhasiat turunkan berat badan

foto: aryanto.id

Daun jati China yang dikenal dengan nama latin daun Senna atau Alexandria Senna dan memiliki nama ilmiah Cessai Angustilofia. Daun jati cina ini digunakan sejak abad ke-9 oleh dokter diarab sebagai obat pebcahar alami.

Daun jati China mengandung zat laxative yaitu sebagai obat pencahar, daun jati cina ini digunakan sebagai obat yang dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh dengan menurunkan kadar koleterol jahat dan lemak. Nah, secara umum bagi yang lagi proses penurunan berat badan daun jati China bisa dijadikan alternatif yang bisa melangsingkan tubuh, mengecilkan perut buncit dan juga peluruh lemak bagi penderita obesitas.

Cara membuat ramuan jati China ini: siapkan 1 sdm daun jati cina yang sudah kering, campurkan dengan air hangat kemudian biarkan sampai air berwarna kemerahan. Setelah tercampur minumlah air daun jati cina tadi sebanyak 3 kali sehari sesudah makan.


5. Daun jati Belanda

9 Bahan alami ini ternyata berkhasiat turunkan berat badan

foto: jitunews.com

Sebelumnya mungkin merasa asing atau belum pernah tahu sama sekali nama daun jati belanda. Sekilas mengenai daun jati belanda mempunyai nama latin Gauzuma Ulmifolia. Daun ini sering disebut-sebut mampu menurunkan berat badan secara efektif, karena kandungan yang terdapat pada daun jati belanda yaitu tanin yang memiliku fungsi sebagai astringent yang dapat melapisi bagian dalam usus, yang mengontrol lemak yang masuk ke dalam usus.

Proses kerja daun jati Belanda ini sangat mudah, dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar lemak dengan cepat yang dapat membantu proses diet menjadi lancar.

Mengkonsumsi daun jati Belanda tidak ada efek samping asalkan sesuai takaran, ini alami yang di bahkan daun jati belanda ini sangat membantu meregenerasi sel tubuh serta membuat badan menjadi lebih sehat.

Cara meramu daun jati belanda untuk menurunkan berat badan: siapkan segenggam daun jati Belanda yang telah di cuci bersih, keringkan. Kemudian setelah kering, seduh dengan air panas 250cc, saring dan di minum selagi hangat. Minum dua kali sehari, satu jam sebelum makan pagi dan sore hari. Bisa didapat diapotik dalam bentuk kering.


6. Daun salam

9 Bahan alami ini ternyata berkhasiat turunkan berat badan

foto: khasiatmanfaatdaun.com

Daun salam banyak kita jumpai di dapur, karena daun ini daun salam ini sering digunakan untuk memasak agar makanan menjadi lebih nikmat. Daun salam biasanya sebagai bumbu penyedap bagi masakan. Daun dalam memiliki banyak khasiat untuk kesehatan salah satunya untuk menurunkan berat badan.

Bagi anda yang lagi proses penurunan berat badan, daun salam ini selain sebagai bumbu masakan juga membantu menjaga kesehatan pencernaan anda. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada daun salam adalah melunturkan lemak.

Caranya siapkan 30 lembar daun salam segar cuci bersih , kemudian didihkan 2 gelar air putih. Setelah mendidih masukkan 30 lembar daun salam, masak kedua bahan tadi rebus sampai airnya tinggal separuh. Minumlah 1-2 kali sehari sesudah makan dalam keadaan hangat atau bisa juga dingin.


7. Beras merah

9 Bahan alami ini ternyata berkhasiat turunkan berat badan

foto: tipscaradietsehat.com

Seorang Ahli Gizi dari Rumah Sakit Medistra Dr. Cindyawati Pudjiadi, Sp.GK, MS beliau mengatakan bahwa nasi merah kalorinya hampir sama dengan nasi putih, hanya saja nasi merah mengandung serat dan vitamin banyak dibandingkan dengan nasi putih.

Jadi dapat dibuktikan dan dengan pengalaman pribadi juga bahwa nasi merah sangat bagus bagi yang lagi proses penurunan berat badan. Nasi merah sangat bagus untuk penurunan berat badan ayo ganti nasi putih anda dengan nasi merah untuk sarapan, makan siang dan malam. Jika dilakukan dengan konsisten dan terus menerus akan mendapatkan bentuk tubuh seperti yang diinginkan.


8. Asam Jawa

9 Bahan alami ini ternyata berkhasiat turunkan berat badan

foto: fitinyou.com

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui manfaat asam jawa untuk diet. Asam jawa ini bisa digunakan untuk menurunkan berat badan, kandungan yang terdapat pada asam jawa adalah flavonoid yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas sebagi antioksidan, mencegah penuaan dini, mencegah alergi, mencegah pembekuan/penggumpalan darah dalam tubuh.

Sedangkan manfaat asam jawa untuk diet adalah asam malat dapat meningkatkan kinerja otot, juga dapat menyehatkan organ perncernaan dan juga melancarkan BAB. Hal ini karena kandungan serat yang dapat membuat perut kenyang dalam waktu yang lama. Sehingga dapat menekan nafsu makan dan membantu program diet.

Caranya ambil buah asam jawa diremas, masukkan dalam gelas, tambahkan dengan gula yang berkalori rendah secukupnya, tuangkan air dingin atau hangat aduk sampai tercampur rata. Kemudian siap diminum.


9. Kopi hijau atau Green Coffee

9 Bahan alami ini ternyata berkhasiat turunkan berat badan

foto: mypotik.blogspot.co.id

Telah dilakukan penelitian diet kopi hijau pada sebuah penelitian yang melibatkan peserta yang memiliki tubuh gemuk dan berat badan lebih, menunjukkan bahwa dengan meminum kopi hijau secara benar dan rutin sebanyak 3kali sehari dalam jangka waktu 2 3 bulan, terbukti menurunkan berat badan dan melangsingkan dibanding dengan peserta yang hanya mengkonsumsi kopi biasa.

Kandungan asam klorogenat yang terdapat pada kopi hijau dapat mengurangi penyerapan glukosa dan karbohidrat sehingga menurunkan kadar gula dalam darah, hal ini membuktikan bahwa diet dengan mengkonsumsi kopi hijau bisa membantu menurunkan berat badan dan melangsingkan secara sehat.

Demikianlah ulasan tentang cara diet alami untukmenurunkan berat badan yang alami dan aman. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua dan salam sehat.