Kopi adalah minuman yang sudah pasti tak asing di telinga. Mulai dari penyemangat pagi, teman makan siang, teman hang out, hingga teman begadang, kopi selalu menjadi pilihan bagi para pencintanya.

Tapi mungkin bagi mereka yang tak gemar minum kopi, akan kebingungan saat membaca menu di coffee shop yang nama menunya rata-rata tak berbahasa Indonesia. Aduuh, lihat namanya saja sudah bikin bingung.

Maka dari itu, mari kita bahas coffee basic biar kamu gak bingung kalau masuk dan pesan kopi dicoffee shop.

1. Espresso.

5 Coffee basic yang wajib kamu tahu, biar gak bingung pas pesan

Espresso adalah dasar dari minuman kopi yang sudah banyak dimodifikasi saat ini.Bisa dibilang espresso adalah ekstrak dari kopi, karena pembuatannya dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan air panas menggunakan tekanan yang dihasilkan dari espresso machine.

Espresso cocok untuk mereka yang ingin menghilangkan rasa kantuk ataupun meningkatkan semangat dalam diri. Ini adalah menu kopi yang cocok untuk penyemangat pagi. Namun, untuk menghindari sakit perut, baiknya perut diisi terlebih dulu sebelum espresso meluncur ke dalam perut kamu ya!

2. Cappuccino.

5 Coffee basic yang wajib kamu tahu, biar gak bingung pas pesan

Cappuccino adalah upgrade dari espresso. Komposisi dari Cappuccino adalah espresso 1/3, steam milk 1/3, dan foam milk (busa susu) 1/3. Bila dijelaskan secara keseluruhan, Cappuccino adalah kopi susu yang memiliki keseimbangan rasa antara kopi dan susu. Kopo ini cocok untuk mereka yang ingin sensasi nendang dari kopi, namun ingin sedikit lebih santai dengan buaian susu. Inilah jawaban penyemangat pagi yang biasanya diminum para wanita.

3. Caffe Latte.

5 Coffee basic yang wajib kamu tahu, biar gak bingung pas pesan

Caffe Latte masih dengan bahan dasar espresso. Dalam bahasa Italia Latte berarti susu, tentunya ini membawa persepsi bahwa Caffe Latte adalah kopi susu. Tapi apa bedanya dengan Cappuccino? Caffe latte adalah kopi susu yang lebih dominan rasa susunya, sudah pasti komposisi susu lebih banyak dibandingkan kopi. Karena komposisi susu yang lebih banyak, komposisi foam jadi lebih sedikit. Kopi jenis ini cocok untuk teman santai setelah makan siang atau teman hang out.

4. Mochacinno / Caffe Mocha.

5 Coffee basic yang wajib kamu tahu, biar gak bingung pas pesan

Mochacinno memiliki basic yang hampir sama dengan Caffe Latte. Yang membedakan adalah sentuhan cokelat didalamnya. Cokelat yang digunakan bermacam-macam, ada yang menggunakan cokelat bubuk atau bahkan ada yang menggunakan cokelat batangan. Tetapi seperti yang dijelaskan dalam laman Wikipedia, bahan inti dari Mochacinno adalah espresso, susu, dan cokelat.

Udah pasti temen santainya cewek-cewek banget deh. Dinikmati sambil santai, cokelat sangat terkenal sebagai pelepas stress.

5. Caffe Americano.

5 Coffee basic yang wajib kamu tahu, biar gak bingung pas pesan .

Ini seleranya bapak-bapak banget nih. Kalau kopi-kopi yang dibahas sebelumnya adalah kopi campuran susu, yang satu ini masuk dalam kategori black coffee. Tentu masih dengan basic espresso, menu satu ini bisa dibilang sangat simpel karena komposisinya hanya terdiri dari espresso dan air. Ini sih bisa jadi teman mondar-mandir di kantor atau teman sebelum meetingbapak-bapak.

Masih banyak lagi menu kopi yang bisa dibahas. Tetapi 5 menu di atas adalah yang paling sering ditemui di kedai-kedai kopi besar maupun kecil. Minum kopi itu sehat loh, jika masih dalam batas wajar dan meminumnya pun dengan bijak. Jangan takut minum kopi ya!