×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Daftar lengkap pebulu tangkis Indonesia di Olimpiade Tokyo, Juli 2021

0

Olahraga

Daftar lengkap pebulu tangkis Indonesia di Olimpiade Tokyo, Juli 2021

Ada 11 nama mewakili 7 nomor yang dipertandingkan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Emge Setyo

31 / 05 / 2021 15:55

Pada Jumat, 28 Mei 2021 lalu, Federasi Bulu tangkis Dunia (The Badminton World Federation/BWF) secara resmi telah mengonfirmasi bahwa tidak ada lagi turnamen yang akan dimainkan di dalam Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 yang agendanya akan digelar di Tokyo, Jepang pada 24 Juli hingga 2 Agustus 2021 mendatang. Walaupun sejatinya berdasarkan Revisi Sistem Kualifikasi Tokyo 2021 Daftar Kualifikasi ini baru akan ditutup pada 15 Juni 2021 namun itu tidak akan berpengaruh terhadap daftar peringkat kualifikasi yang telah dihitung selama periode kualifikasi berlangsung antara 29 April 2019 hingga 25 April 2021 yang lalu.

Dilansir dari laman resmi BWF, Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund mengatakan, "Proses kualifikasi Olimpiade ditutup karena tidak ada peluang tambahan bagi pemain untuk mendapatkan poin ..." Pernyataan ini merujuk pada kenyataan telah dibatalkan atau ditundanya beberapa turnamen mendatang akibat pandemi Covid-19 sehingga menutup peluang bagi para pebulu tangkis dunia mengumpulkan poin susulan.

Dengan demikian, Indonesia fixed menempatkan sebelas orang pebulu tangkis handalnya untuk berlaga di tujuh nomor cabang badminton pada ajang bergengsi empat tahun sekali tersebut. Siapa sajakah mereka? Langsung simak, yuk.

1. Anthony Sinisuka Ginting (ASG).

asg

Foto: instagram.com/p/BwQlEkDlbxF/

Loading...

Nomor Tunggal Putra ada nama Anthony Sinisuka Ginting (ASG) dengan raihan poin tertinggi 75.332 poin dari 17 turnamen yang diikutinya selama periode kualifikasi berlangsung sejak 29 April 2019 hingga 25 April 2021 yang lalu. Saat ini ASG masuk 5 besar dunia.

2. Jonathan 'Jojo' Chritie.

jojo

Foto: instagram.com/p/B4CIlYIH55C/

Masih di nomor Tunggal Putra, tiket kedua didapatkan Jonathan 'Jojo' Christie, peringkat 7 dunia dengan 72.940 poin hasil 17 turnamen diikutinya. 

3. Gregoria Mariska Tunjung.

gregoria mariska tunjung

Foto: instagram.com/p/BuC2B8Uj7x6/

Di nomor Tunggal Putri. Pebulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya wakil kita di Olimpiade Tokyo 2020 yang sejatinya digelar setahun silam namun harus ditunda akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Pebulu tangkis ranking ke-20 dunia ini sukses merebut tiket berlaga ke ajang bergengsi dunia ini setelah meraup 45.200 poin.

4. Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Snajaya Sukamuljo.

the minions

Foto: instagram.com/p/BqQqFsTgAMM/

Sementara itu di nomor unggulan lainnya, yakni nomor Ganda Putra, Indonesia seperti banyak diprediksikan sebelumnya berhasil memasukkan sekaligus dua pasangan ganda putra terbaiknya, yakni pasangan Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo yang berjuluk 'The Minions' beserta pasangan Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan yang kerap disapa 'The Daddies' sebagai julukan kesayangan oleh para penggemar mereka. Pasangan Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo saat ini sedang bertahta di peringkat pertama dunia, berhasil menembus kualifikasi setelah selama 16 turnamen yang diikuti sukses mengumpulkan 106.853.

5. The Daddies.

d daddies

Foto: instagram.com/p/B1nOl62nV8y/

Tidak mau ketinggalan, pasangan The Daddies yang membayangi di peringkat kedua terbaik dunia, selama periode kualifikasi ini membukukan 96.757 poin berkat 17 turnamen yang mereka ikuti.

6. Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

women doubles

Foto: instagram.com/p/CPasO4rMfRe/

Pada nomor Ganda Putri. Greysia Polii dan Apriyani Rahayu saat ini solid menjadi ganda putri terbaik Indonesia. Berbagai turnamen yang diikuti mengantarkan mereka sebagai peringkat ke-7 kategori Ganda Putri Terbaik di dunia.

Di Olimpiade Tokyo 2020 nanti merekalah wakil resmi Indonesia setelah mengumpulkan sebanyak 67.805 poin hasil keikutsertaan dalam 18 turnamen selama masa kualifikasi. 

7. Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti.

ina mixed doubles

foto: instagram.com/p/B5269tvgU0V/

Di nomor Ganda Campuran, pasangan yang dideklarasikan sejak 2018, Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti telah menjadi begitu fenomenal pasca menjuarai Prancis Terbuka 2019 disusul juara All England 2020. Kini mereka resmi menjadi satu-satunya tumpuan harapan Indonesia di nomor Ganda Campuran pada Olimpiade Tokyo 2020 bulan Juli mendatang.

Mereka lolos kualifikasi bertajuk "Race to Tokyo" itu dengan raihan 45.200 poin hasil mengikuti 18 turnamen sepanjang tahun silam. Saat ini mereka bercokol di posisi 4 besar rangking terbaik dunia.

Nah, itulah kesebelas pebulu tangkis andalan Indonesia yang akan berlaga di semua nomor cabang olahraga bulu tangkis gelaran Olimpiade Tokyo 2020, Juli mendatang. Setelah penantian panjang setahun penuh, akhirnya kita boleh berharap kembali akan torehan-torehan prestasi mereka demi kejayaan bangsa dan negara Indonesia.

Selamat untuk para pahlawan olahraga kebanggaan kami! Doa terbaik untuk kalian semua. Oh ya, jangan lupa, tanggal 5 Juli 2021 adalah batas waktu yang ditetapkan WBF untuk mengonfirmasikan keikutsertaan seluruh pebulu tangkis yang lolos kualifikasi.

Bagi yang belum lolos, jangan berputus asa dan patah semangat. Teruslah menempa potensi diri demi kesempatan yang akan datang. Kalian tetap menjadi harapan dan kebanggaan Indonesia.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red